Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sistem Kualifikasi Baru F1 Tetap Digunakan di Bahrain

By Delia Mustikasari - Jumat, 25 Maret 2016 | 09:38 WIB
CEO F1, Bernie Ecclestone sebelum GP Meksiko digelar di Autodromo Hermanos Rodriguez, Rabu (29/10/2015)
MARK THOMPSON/GETTY IMAGES
CEO F1, Bernie Ecclestone sebelum GP Meksiko digelar di Autodromo Hermanos Rodriguez, Rabu (29/10/2015)

Sistem kualifikasi baru Formula 1 yang menggunakan format eliminasi akan tetap digunakan pada seri balapan GP Bahrain, 1-3 April. Tetapi, format eliminasi akan ditinjau lebih lanjut.

Keputusan tersebut diambil setelah pertemuan yang digelar Kamis (24/3/2016) dan telah disahkan oleh Komisi F1 yang terdiri dari 26 anggota perwakilan tim, yakni Federasi Otomotif Internasional (FIA), pihak manajemen F1, promotor lomba, sponsor, dan mitra teknis lainnya.

Sistem kualifikasi baru ini diusulkan oleh Direktur Eksekutif Formula 1 Bernie Ecclestone. Format ini disetujui para bos tim F1 dengan harapan agar sistem tersebut dapat mengocok posisi di grid.

Faktanya, susunan grid sudah terbentuk pada tiga menit tersisa saat semua mobil sudah masuk garasi.

"Mereka akan melakukan sistem kualifikasi baru yang saya usulkan dan meninggalkan apa yang tidak diperlukan," kata Ecclestone seperti dilansir Autosport.

"Kami selanjutnya akan memutuskan bagaimana tampilan kualifikasi yang lebih baik. Misalnya, apakah  perlu ada modifikasi," ucap Ecclestone

Modifikasi tersebut, misalnya format kualifikasi di GP Bahrain masih akan tetap mengadopsi model eliminasi, dengan kualifikasi pertama dan kualifikasi kedua menggunakan sistem eliminasi. Namun, kualifikasi ketiga akan kembali ke format kualifikasi yang lama yang merupakan sistem hybrid.

Pada sistem kualifikasi baru, para pebalap yang tereliminasi pada kualifikasi pertama tidak boleh lagi ikut pada kualifikasi kedua. Hal sama berlaku untuk pebalap yang gagal bersaing pada kualifikasi kedua.

Namun, pada prakteknya pada kualifikasi GP Australia, pebalap menganggap sistem tersebut membingungkan. Pebalap Ferrari Sebastian Vettel sempat mengatakan bahwa sistem tersebut tidak efektif.


Sistem Kualifikasi baru Formula1(GRAFIS: ANDREAS JOEVI/JUARA.NET)


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : Autosport, Crash


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X