Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

5 Tim Juara yang Luput dari Perkiraan

By Wisnu Nova Wistowo - Rabu, 23 Maret 2016 | 09:35 WIB
Striker Leicester City, Jamie Vardy, usai mencetak gol ke gawang Man. United di Stadion King Power pada 28 November 2015.
OLI SCARFF/AFP
Striker Leicester City, Jamie Vardy, usai mencetak gol ke gawang Man. United di Stadion King Power pada 28 November 2015.

Pada awal musim tidak ada yang menduga Leicester City berpeluang membuat kejutan besar dengan memenangi gelar Premier League musim 2015-2016. Jika berhasil memenangi gelar tersebut, berarti Leicester menjadi salah satu dari sedikit tim yang bisa mengalahkan dominasi tim-tim elite di sepak bola Eropa.

Sebelumnya, sejarah mencatat ada sejumlah tim-tim yang berhasil menjadi juara baik di pentas domestik maupun Eropa meski berstatus bukan tim unggulan.

Berikut lima tim Eropa yang di luar dugaan berhasil menjadi kampiun:

1. Nottingham Forest

Nottingham Forest menjadi tim promosi setelah finis di posisi ketiga Divisi Kedua sepak bola Inggris pada musim 1976-1977. Namun, tidak ada yang menyangka mereka sanggup menggapai sukses besar tiga musim berikutnya.

Forest merupakan salah satu dari sedikit tim yang sukses memenangi gelar Divisi Utama Inggris saat berstatus sebagai tim promosi pada musim 1977-1978.

Kejutan mereka berlanjut ke pentas Piala Eropa (Liga Champions) dengan menjadi juara pada musim 1978-1979 usai menang 1-0 atas Malmo di Munich. Bahkan, mereka berhasil mempertahankan gelar paling bergengsi di Eropa tersebut pada musim 1979-1980.

2. Hellas Verona

Tidak ada yang menyangka Hellas Verona sanggup memenangi gelar Serie A pada musim 1984-1985. Akan tetapi, catatan 15 kemenangan, 13 hasil imbang, dan hanya kalah dua kali menjadikan mereka keluar sebagai pemenang perebutan scudetto.

Bukan hanya Verona yang memberikan kejutan. Pada musim itu, komposisi empat besar klasemen akhir juga tidak biasa.

Bersama Verona, Torino, Inter Milan, dan Sampdoria finis di empat besar. Dua tim unggulan saat itu, Juventus dan AS Roma finis di urutan lebih rendah. 


Editor : Estu Santoso
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X