Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Masalah Teknis Penyebab Rio Haryanto Tak Bisa Menyelesaikan GP Australia

By Firzie A. Idris - Minggu, 20 Maret 2016 | 13:16 WIB
Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, memacu mobilnya di sesi Kualifikasi GP Australia, Sabtu (19 Maret 2016).
MARK THOMPSON/GETTY IMAGES
Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, memacu mobilnya di sesi Kualifikasi GP Australia, Sabtu (19 Maret 2016).

Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, harus menyelesaikan GP Australia pada Minggu (20/3/2016) lebih cepat karena problem dengan mobil Manor MRT05-nya. Padahal, sang pebalap memulai debut Formula 1-nya di Melbourne itu dengan kuat.

Rio memulai dari posisi paling belakang grid setelah ia terkena penalti tiga posisi karena insiden dengan pebalap Haas, Romain Grosjean, di pitlane saat sesi latihan bebas ketiga.

Sebenarnya, pebalap asal Solo ini berhasil melaju lebih cepat dari rekan setimnya, Pascal Wehrlein, di sesi kualifikasi dengan catatan 1 menit 29,627 detik sementara Wehrlein mencatatkan 1 menit 29,642.

Keluar dengan ban supersoft, Rio langsung melaju. 

Hingga lap ke-9, Rio mengejar beberapa posisi dan mengambil posisi ke-18 dari pebalap Haas, Esteban Gutierrez.

Ia kemudian masuk pit pada lap ke-12 untuk mengganti ban dari Supersoft ke Soft.

Balapan kemudian dihentikan untuk sementara pada lap ke-19 setelah insiden tabrakan bersar yang melibatkan Fernando Alonso dan Gutierrez.

Sayang, momentum yang ia dapat sebelum masuk pit tak bisa diteruskan kembali.

Di saat mobil-mobil berjajar rapih di pitlane, para teknisi Manor menemukan problem dengan driveline sang pebalap.

Setelah laga, sang pebalap pun mengatakan bahwa ia sedih tak dapat finish dalam debutnya tapi menikmati lomba debutnya di Formula 1.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X