Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio Dapat Penalti karena Tabrakan dengan Grosjean

By Anju Christian Silaban - Sabtu, 19 Maret 2016 | 14:54 WIB
Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, memacu mobil Manor Racing MRT-Mercedes MRT05 di sesi Free Practice pertama GP Australia,  Jumat (18/3/2016).
ROBERT CIANFLONE/GETTY IMAGES
Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, memacu mobil Manor Racing MRT-Mercedes MRT05 di sesi Free Practice pertama GP Australia, Jumat (18/3/2016).

 Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, akan start dari posisi paling belakang pada GP Australia yang digelar di Sirkuit Melbourne Grand Prix, Albert Park, Minggu (20/3/2016).

Penyebabnya adalah insiden tabrakan dengan pebalap Haas Ferrari, Romain Grosjean, pada sesi latihan ketiga. 

Hal tersebut dikonfirmasi lewat akun Twitter Formula 1 saat mengumumkan hasil kualifikasi, Sabtu (19/3/2016).

Rio sebenarnya menempati posisi ke-21 pada sesi kualifikasi tersebut. Dia unggul 0,15 detik atas rekan satu timnya di Manor, Pascal Wehrlein.

Akan tetapi, Rio terpaksa turun ke posisi ke-22 untuk start pada GP Australia setelah insiden tabrakan dengan Grosjean pada sesi latihan bebas ketiga.

Rio yang hendak keluar garasi, menabrak sisi kanan mobil Grosjean. Alhasil, Grosjean baru turun ke lintasan pada 30 menit terakhir latihan.

Tidak cuma itu, pebalap berusia 23 tahun ini menerima penalti pengurangan dua poin akibat insiden tabrakan itu.

Untuk GP Australia nanti, pebalap Mercedes, Lewis Hamilton dipastikan start dari posisi pertama. Ini menjadi kali ke-50 Hamilton memulai balapan dari pole position.

Sepanjang sejarah, hanya ada dua pebalap lain yang membukukan catatan serupa.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : Formula 1


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X