Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Choe Song-hyok, Pemain Korea Utara Pertama di Kompetisi Italia

By Beri Bagja - Kamis, 10 Maret 2016 | 08:15 WIB
Aksi pemain timnas junior Korea Utara, Choe Song-hyok (10), dalam laga Piala Dunia U-17 di Cile, Oktober 2015.
GAZZETTA/AFP
Aksi pemain timnas junior Korea Utara, Choe Song-hyok (10), dalam laga Piala Dunia U-17 di Cile, Oktober 2015.

Sejarah tercipta untuk publik Korea Utara. Pada akhir pekan lalu, mereka menyambut munculnya Choe Song-hyok sebagai pemain pertama asal negara tersebut yang tampil di kompetisi sepak bola Italia.

Choe (18 tahun) melakoni debut untuk Fiorentina dalam lanjutan kejuaraan junior Campionato Primavera 2015-2016 melawan Virtus Entella, Sabtu (5/3/2016).

Dalam laga yang dimenangi Fiorentina 4-2 tersebut, Choe tampil selama 20 menit, tetapi sudah cukup menggoreskan sejarah buat Korea Utara.

Sayap ofensif kelahiran 8 Februari 1998 itu termasuk bagian timnas mereka yang menjuarai Piala Asia U-16 pada 2014.

Tim Primavera Fiorentina memang memiliki sejumlah pemain muda asing. Selain Choe, ada pula Joshua Perez (18), penyerang asal Amerika Serikat. Joshua sudah pamer ketajaman dengan mencetak 3 gol dari 5 penampilan.

Media lokal memprediksi Choe dan Joshua berpeluang membentuk duet tajam untuk diturunkan Fiorentina menghadapi skuat Primavera Juventus, Jumat (11/3/2016).

[video]http://video.kompas.com/e/4786868941001_ackom_pballball[/video]

Pencari bakat Fiorentina tertarik mengamati aksi-aksi Choe ketika sang pemain memperkuat negaranya di Piala Dunia U-17 yang berlangsung di Cile pada Oktober 2015.

Saat itu, Korea Utara melaju sampai babak 16 besar. Segera setelah timnya tersingkir, Choe dicomot Fiorentina dan hijrah ke Italia guna beradaptasi dengan budaya dan bahasa setempat.

 Transfermarkt mencatat transfer Choe dari FC Chobyong menuju Fiorentina baru terjadi pada 1 Februari.

Kalau mampu tampil memikat dalam duel-duel selanjutnya, bukan tak mungkin Choe segera pula diangkut ke tim senior Fiorentina di Serie A.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Transfermarkt, Gazzettaworld


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X