Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FC Barcelona Pilih Konsultan Jepang untuk Mendesain Ulang Camp Nou

By Lariza Oky Adisty - Kamis, 10 Maret 2016 | 01:21 WIB
Stadion Camp Nou, markas klub sepak bola FC Barcelona,
Dok. FC Barcelona
Stadion Camp Nou, markas klub sepak bola FC Barcelona,

FC Barcelona mengumumkan rencana untuk memperbesar kapasitas penonton Stadion Camp Nou. Pihak klub memercayakan proses desain ulang stadion ke tangan firma konsultam Jepang, Nikken Sekkei.

Nikken Sekkei memenangkan tender sebesar 420 juta euro (sekitar Rp 6 triliun), mengalahkan 26 pesaing.

Menurut situs resmi Barcelona, Nikken Sekkei terpilih setelah sembilan anggota dewan juri melihat proposal firma tersebut yang menjanjikan suasana stadion yang terbuka, elegan, dan menampilkan nuansa Mediterania yang abadi.


Suasana markas Barcelona, Stadion Camp Nou, dalam pertandingan La Liga kontra Real Madrid, 7 Oktober 2012.(JOSE JORDAN/AFP)

Perbaikan Stadion Camp Nou dijadwalkan akan dimulai pada 2017, dan diperkirakan selesai pada musim 2021-2022.

Kapasitas penonton stadion yang sudah berdiri sejak tahun 1957 ini juga akan ditambah, dari 99.350 menjadi 105.000 penonton.

Nikken Sekkei bukan 'pemain' baru di ranah arsitektur. Perusahaan ini sudah berdiri sejak 1900, dan berpengalaman membangun gedung pencakar langit serta stadion olah raga.

Beberapa hasil karya Nikken Sekkei adalah Tokyo Dome, stadion kandang tim baseball Yomiuri Giants, dan Stadion Niigata, salah satu stadion yang menggelar laga Piala Dunia 2002.

Untuk mengerjakan proyek ini, Nikken Sekkei akan bekerja sama dengan dua arsitek Spanyol, Joan Pascual dan Ramon Ausio. Keduanya punya pengalaman merancang rumah, kantor dan hotel di Kota Barcelona.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : fcbarcelona.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X