Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Klub Serbia Belum Kalah Karena Pelatih ’Berbau’ Indonesia

By Estu Santoso - Senin, 7 Maret 2016 | 08:33 WIB
Pelatih Red Star Belgrade, Miodrag Bozovic.
MONDO.RS
Pelatih Red Star Belgrade, Miodrag Bozovic.

BELGRADE, JUARA.net – Pelita Jaya adalah klub Indonesia yang kini ’pecah’ jadi dua klub berbeda, Madura United (nama baru Persipasi Bandung Raya) dan Arema Cronus. Tapi, klub itu ternyata ’melahirkan’ pelatih hebat di Liga Super Serbia atau Serbian SuperLiga.

Klub kasta tertinggi kompetisi di Serbia, Red Star Belgrade, sampai kini belum pernah terkalahkan. Klub itu ditangani Miodrag Bozovic, pelatih berusia 47 tahun asal Montenegro yang ketika masih aktif main, sempat berkarier di Asia, termasuk Indonesia.

Red Star Belgrade sampai pekan ini telah memainkan 25 laga di Liga Super Serbia. Rinciannya, klub berjulukan Crveno-beli itu sudah memenangi laga sebanyak 23 kali dengan imbang hanya dua kali dan tak pernah tumbang.

Pada pertandingan paling baru mereka, Minggu (6/3/2016), Red Star Belgrade menang 3-1 atas Jagodina. Kemenangan ini merupakan hasil positif mereka di liga berurutan dalam 23 laga mereka. Artinya, dua hasil imbang tim ini diperoleh pada dua partai awal mereka musim 2015/2016.

Miodrag Bozovic pada 15 Desember 2015 lalu ditulis oleh kolomnis Michael Yolkhin pada ESPN FC Blogs jadi pemecah rekor Red Star Belgrade. Sebab, pria dua putra ini membawa klub ini 18 kali menang berurutan di Liga Super Serbia dan itu merupakan rekor baru di sepak bola negeri itu.

Red Star Belgrade mulai ditangani Miodrag Bozovic per Juni tahun lalu dan klub itu mengakhiri musim 2014/2015 sebagai runner-up kompetisi domestik. Ayah dari Milan Bozovic dan Dejan Bozovic ini datang menjadi suksesor Nenad Lalatovic dengan catatan bagus.

Miodrag Bozovic sebelum ke Serbia menangani klub-klub Russian Premier League atau Liga Rusia seperti tiga klub asal Moskow; FC Moscow, Dynamo Moscow, dan Lokomotiv Moscow. Namun prestasi terbaikinya di Rusia saat melatih FC Rostov.


Gaya elegan pelatih Red Star Belgrade, Miodrag Bozovic.(CRVENAZVEZDAFK.COM)

Dia membawa Rostov memenangi Piala Rusia musim 2013-2014. Musim lalu, Miodrag Bozovic mundur dari Lokomotiv Moscow usai klub itu memastikan melaju ke final Piala Rusia. Lokomotiv akhirnya memenangi trofi ajang ini.

Untuk karier bermain Miodrag Bozovic, dia pernah jadi bagian kejayaan Red Star Belgrade era 1990-an saat Yugoslavia belum bubar. Bersama klub ini, dia memenangi Piala Yugoslavia edisi 1992-1993. Lalu setahun kemudian Miodrag Bozovic pergi ke Indonesia.


Editor : Estu Santoso
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X