Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio Haryanto Makin Dekat dengan Balapan Perdana di F1

By Pipit Puspita Rini - Sabtu, 5 Maret 2016 | 13:30 WIB
Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, memacu MRT05 pada hari terakhir tes ke-2 Formula 1 2016 di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, Jumat (4/3/2016).
MANOR RACING
Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, memacu MRT05 pada hari terakhir tes ke-2 Formula 1 2016 di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, Jumat (4/3/2016).

Tak sampai dua pekan dari sekarang, Rio Haryanto akan mengawali musim balap Formula 1 perdananya. Pebalap Indonesia ini akan memacu mobil Manor Racing MRT05 pada seri pertama di Australia, 18-20 Maret.

Bekal sudah dikantongi. Rio sudah menjalani empat hari tes pramusim dalam dua pekan terakhir di Sirkuit de Barcelona-Catalunya.

Putaran terbaiknya adalah 1 menit 25,899 detik yag dicatat pada hari terakhir tes, Jumat (4/3/2016).

Tak hanya fisik, mental Rio benar-benar diuji. Selama dua hari tes terakhir, dia lebih banyak menghabiskan waktu di garasi pada empat jam sesi pagi.

Pada hari pertama, ada kebocoran oli di mobilnya. Pada hari terakhir, muncul masalah mekanis di MRT05. Rio menyelesaikan 58 putaran pada hari terakhir tes.

Rio harus berjuang keras pada empat jam sesi sore setelah melewati sesi pagi yang membuat frustrasi. Dengan waktu yang sangat terbatas, dia bisa menunjukkan performa yang bagus.

"Saya sangat senang bisa menyelesaikan 58 putaran. Setelah jeda makan siang, kami bisa membangun ritme dengan cepat dan bersama-sama berusaha menjalankan program yang padat," kata Rio usai menjalani sesi hari terakhir.

Pebalap 23 tahun tersebut menyebut mobilnya saat ini sudah jauh lebih baik dibanding saat pertama diluncurkan, pekan lalu. Dia pun tak sabar untuk memacu MRT05 dalam balapan yang sesungguhnya.

"Terima kasi kepada semua anggota tim yang sudah memberi start terbaik pada debut saya di F1. Kami sudah menghabiskan banyak sekali waktu di lintasan, siang dan malam, tetapi saya yakin itu tidak akan percuma," ujar Rio.

Race Director Manor Racing Dave Ryan mengatakan bahwa pekerjaan mereka belum selesai. Masih banyak yang harus dipersiapkan sebelum mereka memulai persaingan di Albert Park.

"Pekan depan, kami akan kembali disibukkan dengan mengevaluasi semua yang sudah kami pelajari tentang mobil. Lalu, kami harus mengepak sasis dan alat lainnya ke Melbourne," kata Ryan.


Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber : Manor Racing


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X