Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hitzfeld: Borussia Dortmund Akan Selalu Jadi Nomor Dua

By Lariza Oky Adisty - Sabtu, 5 Maret 2016 | 08:11 WIB
Para pemain Borussia Dortmund merayakan gol ke gawang Darmstadt, pada laga lanjutan Bundesliga di Merck-Stadion am Bollenfalltor, Rabu (2/3/2016) waktu setempat.
DANIEL ROLAND/AFP
Para pemain Borussia Dortmund merayakan gol ke gawang Darmstadt, pada laga lanjutan Bundesliga di Merck-Stadion am Bollenfalltor, Rabu (2/3/2016) waktu setempat.

Ottmar Hitzfeld, yang pernah melatih dua tim elite Jerman tersebut yang akan bertemu, Borussia Dortmund dan Bayern Muenchen, memberikan pendapat seputar laga tersebut. Dia menilai Dortmund belum cukup kuat untuk menjungkalkan Bayern sebagai penguasa Bundesliga. 

"Saya tidak tahu apakah Dortmund bisa juara di Inggris, Italia, atau Spanyol. Akan tetapi, di Jerman ada salah satu klub terbaik di dunia; Bayern Muenchen," kata pelatih asal Swiss tersebut, seperti dilansir FourFourTwo.

Hitzfeld berpendapat Bayern berada di level yang sama dengan klub seperti Real Madrid atau Barcelona. "Ada hierarki yang jelas di Bundesliga, dan itu tidak akan berubah sampai beberapa tahun," ujar Hitzfeld, yang pernah mempersembahkan dua gelar Bundesliga untuk Dortmund, dan lima gelar untuk Bayern.

Menurut Hitzfeld, posisi Dortmund sebagai klub terbaik kedua di Bundesliga tidak bisa tergantikan oleh klub seperti Wolfsburg, Schalke 04, atau Bayer Leverkusen.


Para pemain Bayern Muenchen (hitam) merayakan gol ke gawang Wolfsburg pada lanjutan Bundesliga di Stadion Volkswagen Arena, Sabtu (27/2/2016).(TOBIAS SCHWARZ/AFP)

"Kita tidak perlu membahas Bayern. Mereka berada pada dimensi berbeda," tuturnya.

Selama enam tahun terakhir, Bayern menjadi penguasa Bundesliga. Namun demikian, pada tahun 2011 dan 2012, Dortmund sanggup menghentikan kedigdayaan FC Hollywood dan meraih gelar juara dua musim berturut-turut.

Selama enam tahun terakhir, posisi Bayern dan Dortmund di klasemen Bundesliga selalu bergantian di posisi 1 atau 2.

Kedua tim juga bersua di final Liga Champions 2012-2013, yang menjadi final Liga Champions pertama yang mempertemukan dua tim Jerman. Kala itu, Bayern menang 2-1. 

Hanya ada satu pengecualian, yaitu musim 2014-2015. Musim lalu, Bayern kembali menjadi juara, sementara Dortmund justru tercecer di posisi ketujuh.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : FourFourTwo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X