Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Euro 1960: Dari Moskow Kembali ke Moskow

By Senin, 7 Maret 2016 | 10:30 WIB
Kiper Cekoslovakia, Villiam Schrojf, menyelamatkan bola dari pemain Uni Soviet saat Pertandingan Piala Eropa 1960 di Kota Marseile, 6 Juli 1960.
MAL LANGSDON/AFP
Kiper Cekoslovakia, Villiam Schrojf, menyelamatkan bola dari pemain Uni Soviet saat Pertandingan Piala Eropa 1960 di Kota Marseile, 6 Juli 1960.

Prancis boleh menganggap diri sebagai kreator sekaligus penyelenggara pertama pesta sepak bola Eropa alias Euroa. Namun, edisi perdana Piala Eropa pada 1960 mutlak milik Uni Soviet.

Penulis : Sem Bagaskara

Henri Delaunay merupakan teknokrat sepak bola yang membidani kelahiran Euro. Orang Prancis itu mulai merancang Euro sejak 1927.

Namun, "sang bidan" keburu dipanggil Tuhan sebelum melihat bayi yang dinantikannya muncul. Lima tahun sebelum Euro 1960 dilangsungkan, Delaunay meninggal dunia.

Sebagai penghormatan, Delaunay diabadikan sebagai nama trofi yang diperebutkan di ajang Euro negara kelahiran Delaunay. Prancis juga diberikan kehormatan untuk menggelar putaran final Euro 1960, yang merupakan edisi perdana.

Kendati demikian, Euro 1960 secara resmi sudah dimulai sejak 1958. Putaran final yang digelar di Prancis hanya memanggungkan laga semifinal, final, dan perebutan tempat ketiga.

Menang WO

Guna mendapatkan tiket ke Prancis, sebanyak 17 tim mesti bertempur di babak kualifikasi yang memakai sistem kandang-tandang.

Tsentralni Lenin Stadium, Moskow, adalah arena pertama yang memanggungkan partai Euro.

Pada 28 September 1958, di hadapan 100.572 pasang mata, Uni Soviet menggulung tamunya, Hungaria, dengan skor 3-1.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Tabloid BOLA no.2.656


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X