Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Douglas Costa Geser Posisi Manuel Neuer?

By Wieta Rachmatia - Kamis, 3 Maret 2016 | 00:45 WIB
Gelandang Bayern Muenchen, Douglas Costa (kiri), berebut bola dengan Federico Di Marco (Internazionale) dalam laga uji coba di Shanghai Stadium pada 21 Juli 2015.
LINTAO ZHANG/GETTY IMAGES
Gelandang Bayern Muenchen, Douglas Costa (kiri), berebut bola dengan Federico Di Marco (Internazionale) dalam laga uji coba di Shanghai Stadium pada 21 Juli 2015.

Ada yang berbeda dalam sesi latihan Bayern Muenchen pada pekan ini. Bukan Manuel Neuer yang berdiri di depan gawang, melainkan Douglas Costa.

Dalam rekaman yang diunggah melalui akun Youtube FC Bayern, terlihat Costa tengah berlatih untuk menjadi penjaga gawang. Berulang kali, ia berhasil menepis tembakan para pemain FC Hollywood lainnya.

Meski dalam video singkat tersebut Costa terlihat piawai menjaga gawangnya, ia tak berniat mengambil alih peran Neuer sebagai palang pintu terakhir FC Bayern.

Costa memulai karier pada usia 11 tahun di klub Brasil, Gremio. Ia mendapat kesempatan untuk melakoni debut bersama skuat utama Gremio pada usia 18 tahun, tepatnya dalam pertandingan melawan Botafofo (4/10/2008).

Pada 2010, Costa memulai petualangan di Eropa. Ia bergabung dengan Shakhtar Donetsk dengan nilai transfer sebesar enam juta euro atau saat ini setara dengan Rp 86,5 miliar.

Costa membantu Shakhtar meraih gelar juara Liga Ukraina pada 2010, 2011, 2012, 2013, dan 2014. Gelandang asal Brasil kelahiran 14 September 1990 ini juga punya andil dalam mengantarkan Shakhtar meraih tiga titel juara Piala Ukraina dan tiga Piala Super Ukraina.

Aksi ciamiknya bersama Shakhtar membuat FC Bayern tak ragu untuk merekrutnya pada Juli 2015 seharga 30 juta euro (sekitar Rp 432,7 miliar).

Sepanjang Bundesliga 2015/2016, Costa menjadi pencipta assist terbanyak bagi FC Bayern. Ia mampu membuat sembilan assist plus dua gol dalam 18 penampilan di Liga Jerman.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Bleacher Report, FC Bayern Muenchen


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X