Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sistem Kualifikasi Baru Ditunda, Bos F1 Punya Ide Gila Lain

By Senin, 29 Februari 2016 | 12:38 WIB
CEO F1, Bernie Ecclestone sebelum GP Meksiko digelar di Autodromo Hermanos Rodriguez, Rabu (29/10/2015)
MARK THOMPSON/GETTY IMAGES
CEO F1, Bernie Ecclestone sebelum GP Meksiko digelar di Autodromo Hermanos Rodriguez, Rabu (29/10/2015)

CEO Formula 1 Bernie Ecclestone, menyatakan bahwa sistem kualifikasi baru untuk musim 2016 tidak akan digunakan pada seri pertama di Sirkuit Melbourne Grand Prix, Australia pada 18- 20 Maret.

Pada format baru, kualifikasi akan tetap berlangsung selama tiga sesi. Yang membedakan adalah periode waktu yang ditentukan pada tiap sesi. Para pebalap yang memiliki catatan waktu terlambat akan langsung tereliminasi.

Namun, Sistem knockout  baru siap digunakan pada balapan seri kelima di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol pada 13-15 Mei.

"Format kualifikasi baru seharusnya sudah diterapkan sejak awal musim, tetapi kami tidak bisa mendapatkan peralatan dan perangkat lunak tepat waktu. Jadi, sistem baru kemungkinan bisa diterapkan di Spanyol," kata Bernie seperti dilansir GPupdate.

"Pada seri pertama F1 masih tetap menggunakan sistem kualifikasi lama karena pembuatan perangkat lunak tidak mudah," ucap Bernie.

Berdasarkan aturan baru, setiap jeda 90 detik para pebalap yang memiliki waktu paling lambat akan langsung tereliminasi hingga sesi kualifikasi berakhir.

Dengan demikian, para pebalap kemungkinan akan langsung mengeluarkan kecepatan terbaiknya ketika keluar dari pit lane. Tidak seperti format yang selama ini digunakan sejak musim 2006.

Meski terlihat lebih menantang, Bernie terlihat tidak puas dengan proposal format baru tersebut.

"Itu bukan yang saya inginkan," kata Bernie yang berkebangsaan Inggris itu.

"Yang saya inginkan adalah mengacaukan grid sehingga pebalap tercepat pada sesi kualifikasi tidak akan duduk di pole dan menghilang begitu saja saat balapan. Mengapa pebalap tercepat pada sesi kualifikasi akan melambat di balapan?" ucap Bernie .


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : gpupdate.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X