Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Wasit 'Walk-Out', Pelatih Leverkusen Diskors Tiga Laga

By Lariza Oky Adisty - Rabu, 24 Februari 2016 | 22:13 WIB
Pelatih Bayer Leverkusen, Roger Schmidt, saat memberi instruksi kepada para pemainnya pada leg I babak 32 besar Liga Europa melawan Sporting Lisbon di Stadion Jose Alvalade, Kamis (18/2/2016).
PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP
Pelatih Bayer Leverkusen, Roger Schmidt, saat memberi instruksi kepada para pemainnya pada leg I babak 32 besar Liga Europa melawan Sporting Lisbon di Stadion Jose Alvalade, Kamis (18/2/2016).

- Pelatih Bayer Leverkusen, Roger Schmidt, dihukum tidak bisa mendampingi timnya dalam tiga pertandingan Bundesliga. Sanksi ini dijatuhkan menyusul insiden dalam pertandingan melawan Borussia Dortmund pada pekan ke-22 Bundesliga di Stadion BayArena, Minggu (21/2/2016). 

Seperti dilansir situs Kicker, Schmidt dilarang mendampingi Stefan Kiessling dkk, baik di bangku cadangan, terowongan, maupun ruang ganti.

Pernyataan resmi Asosiasi Sepak Bola Jerman, DFB, menyatakan sanksi itu dijatuhkan karena perilaku tidak sportif yang ditunjukkan Schmidt.

Selain sanksi tiga pertandingan, Schmidt juga harus membayar denda 20.000 euro atau sekitar 294  juta rupiah.

Bukan hanya itu, pelatih berusia 48 tahun tersebut juga dikenai masa percobaan hingga 30 Juni 2017. Jika dalam masa percobaan itu Schmidt mengulangi perbuatannya, ia akan dikenai sanksi tambahan dua pertandingan.

Schmidt diminta meninggalkan lapangan saat pertandingan antara Leverkusen dan Dortmund. Ketika pertandingan memasuki menit ke-68, wasit Felix Zwayer menghadiahi tendangan bebas untuk Dortmund.

Mantan pelatih Red Bull Salzburg tersebut memprotes keputusan Zwayer. Imbasnya, Zwayer meminta Schmidt meninggalkan sisi lapangan.

Alih-alih menuruti perintah wasit, Schmidt bergeming dan membuat Zwayer beserta tiga asistennya meninggalkan lapangan. Kejadian tersebut membuat pertandingan terhenti selama sembilan menit.

Schmidt bukan satu-satunya yang mendapatkan denda. Direktur Teknik Leverkusen, Rudi Voeller, juga dijatuhi denda 10.000 euro. Hukuman ini diberikan menyusul wawancara mantan pelatih tim nasional Jerman tersebut dengan Sky usai laga.

Voeller mempertanyakan alasan Zwayer tidak memberikan penalti kepada timnya menyusul handsball Sokratis Papastathopoulos. 


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Kicker


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X