Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cita-cita Mutu, Jadi Pelatih Hebat di Fiorentina

By Wisnu Nova Wistowo - Sabtu, 6 Februari 2016 | 15:12 WIB
Adrian Mutu saat beraksi di lapangan ketika masih berseragam Fiorentina di pertandingan melawan AS Bari pada 27 Februari 2011.
GIUSEPPE BELLINI/GETTY IMAGES
Adrian Mutu saat beraksi di lapangan ketika masih berseragam Fiorentina di pertandingan melawan AS Bari pada 27 Februari 2011.

Adrian Mutu mulai mengikuti program pendidikan untuk bisa menjadi pelatih profesional. Ia punya cita-cita besar yakni bisa menjadi pelatih Fiorentina dan tim nasional Rumania.

Pada pengujung karier sebagai pemain, saat ini Mutu bermain di klub kampung halamannya, ASA Targu Mures. Penyerang berusia 37 tahun ini pernah meniti karier di sejumlah klub Italia.

Setidaknya ada enam klub Italia yang pernah dibelanya. Keenam klub tersebut adalah Inter Milan, Verona, Parma, Juventus, Fiorentina, dan Cesena.

La Viola merupakan klub yang paling lama diperkuatnya, yakni selama lima tahun sejak musim 2006-2007 hingga 2010-2011.

Baca juga:

Selama itu, Mutu tampil dalam 143 pertandingan dan mencetak 70 gol di semua kompetisi. Namun, ia juga pernah mengalami kasus doping bersama Fiorentina pada 2010.

"Saya ingin melatih di level tinggi, namun saya tidak keberatan menangani anak-anak. Saya rasa itu dibutuhkan seorang pelatih," ucap Mutu.

"Saya tidak ingin hanya menjadi pelatih bagus, namun saya ingin menjadi pelatih hebat, itulah sebabnya saya belajar melatih. Saya menerima semua saran dengan rendah hati. Sepanjang karier sebagai pemain saya banyak belajar baik di Rumania maupun negara lain," kata dia.

"Tim yang ingin saya latih? Tentu saja Fiorentina dan timnas Rumania," ucapnya.

Bagi Mutu, mantan pelatihnya di Fiorentina, Cesare Prandelli, adalah sosok yang paling dikagumi. Ia sangat menyukai cara melatih Prandelli dan sudah dianggapnya sebagai mentor.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Digisport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X