Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Muenchen Lebih Populer di China ketimbang Man. United

By Suryo Wahono - Sabtu, 30 Januari 2016 | 00:42 WIB
Skuat Bayern Muenchen merayakan juara Liga Champions setelah menaklukkan Borussia Dortmund dalam laga final di Stadion Wembley, London, Inggris, 25 Mei 2013.
SHAUN BOTTERILL/GETTY IMAGES
Skuat Bayern Muenchen merayakan juara Liga Champions setelah menaklukkan Borussia Dortmund dalam laga final di Stadion Wembley, London, Inggris, 25 Mei 2013.

Klub-klub besar Eropa telah cukup lama bersaing untuk mendapatkan pengaruh di China. Musim panas lalu sejumlah klub besar melakukan tur pramusim di sana. Lantas siapa yang paling populer?

Menurut laporan sebuah survei digital yang dilakukan oleh Red Card, FC Bayern Muenchen pada 2015 telah mengungguli Manchester United dalam hal popularitas. Laporan China Digital Football Index itu tidak hanya soal jumlah pengikut di media sosial.

Total pengikut Muenchen memang kalah jauh bila dibandingkan dengan United. FC Hollywood punya 4,4 juta pengikut, sedangkan Manchester United sudah lebih dari 13 juta orang.

Survei tahunan tersebut menganalisis akun media sosial sejumlah klub besar dengan beberapa variabel popularitas tambahan. Jumlah engagement, buzz, WeChat, situs (berbahasa Mandarin), sampai jumlah toko ikut dimasukkan.

Untuk klub Bundesliga, Muenchen menjadi nomor satu. Di peringkat kedua ada Borussia Dortmund, sedangkan peringkat ketika dihuni Schalke 04.

Untuk klub-klub Inggris, Man. United masih unggul ketimbang Liverpool, sementara di peringkat ketiga ditempati Arsenal dan Manchester City ada di posisi keempat.

Menurut klasemen final yang diterbitkan Mail Man Group, perusahaan manajemen pembuat survei, Real Madrid adalah tim terpopuler di Tiongkok diikuti oleh Barcelona di tempat kedua.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Twitter, Bundesliga, Mail Man


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X