Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dua Jasa Alessandria untuk Milan

By Rabu, 27 Januari 2016 | 18:57 WIB
Andrea Poli dan Jose Mauri merayakan gol Mario Balotelli ke gawang Alessandria pada semifinal Coppa Italia 2015-2016, 26 Januari 2016.
VALERIO PENNICINO/GETTY IMAGES
Andrea Poli dan Jose Mauri merayakan gol Mario Balotelli ke gawang Alessandria pada semifinal Coppa Italia 2015-2016, 26 Januari 2016.

Alessandria pernah memberikan jasa besar bagi AC Milan dalam wujud Gianni Rivera. Kini klub berkostum abu-abu itu dipercaya kembali memberikan jasa bagi I Rossoneri.

Rivera adalah salah satu gelandang terhebat yang pernah dimiliki Milan dan Italia. Selama membela panji I Rossoneri dari  1960 sampai 1979, pemain berjuluk Golden Boy itu memenangi tiga scudetto, empat trofi Coppa Italia, sepasang Piala Winner, dua titel Liga Champions, dan sebiji gelar Piala Interkontinental.

Tanpa Alessandria, tak akan ada talenta hebat Rivera yang membantu Milan meraih seabrek gelar. Rivera merupakan jebolan akademi Alessandria. 

Bakatnya sudah tercium sejak usia sangat muda. Rivera mencatat debut di Serie A pada usia 15 tahun 288 hari, tepatnya ketika Alessandria menghadapi klub rival Milan, Inter Milan, 2 Juni 1959.

Rivera hanya bertahan semusim di tim utama Alessandria. Ia direkrut Milan pada 1960 dan diproyeksikan sebagai pengganti Juan Schiaffino sebagai pengatur permainan tim.


Gianni Rivera saat menerima UEFA President Award di San Siro pada 12 Maret 2012.(CLAUDIO VILLA/GETTY IMAGES)

Berselang 56 tahun, Alessandria kembali berjasa buat Milan. Klub beralias L'Orso (Si Beruang) itu dipercaya membuat Milan asuhan Sinisa Mihajlovic lebih mawas diri.

"Kami membuang sejumlah kesempatan emas. Alessandria menyingkirkan Palermo, Genoa, dan Spezia. Karena itu, kami semestinya mencoba meghilangkan harapan mereka sejak leg pertama. Namun, kami menyia-nyiakan peluang yang tampak lebih mudah menjadi gol ketimbang gagal," kata Mihajlovic usai tim asuhannya menekuk Alessandria 1-0 pada leg I semifinal Coppa Italia 2015-2016.

Kemenangan tipis yang dibawa pulang Milan dari kandang Alessandria dipastikan oleh sepakan penalti Mario Balotelli. Kesempatan untuk menang dengan skor lebih meyakinkan pupus lantaran Keisuke Honda dan M'Baye Niang kurang tenang mengeksekusi peluang.

Hadiah Alessandria buat Milan kini bukan lagi cuma Rivera, melainkan juga sebuah alarm peringatan. Selang lima hari dari duel melawan Alessandria, I Rossoneri dihadapkan dengan laga derby della madonnina kontra Inter Milan, Minggu (31/1/16).

Jika dalam laga derbi nanti Milan mampu meraih kemenangan dan tak lagi membuang peluang, sudah tentu mereka harus berterima kasih kepada Alessandria.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Calciomercato, Football Italia


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X