Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Intip Kekuatan Derbi Korea Menurut Data Statistik

By Aning Jati - Rabu, 1 Oktober 2014 | 16:34 WIB
Korea Selatan vs Korea Utara di final sepak bola putra Asian Games 2014.
Polygrafi.com
Korea Selatan vs Korea Utara di final sepak bola putra Asian Games 2014.

Korea Selatan sebagai tuan rumah Asian Games 2014 akan menghadapi negara tetangga sekaligus seteru utamanya, Korea Utara, untuk berebut medali emas paling prestisius di final cabang sepak bola pria. Menurut data statistik, tim tetangga sedikit lebih unggul.

Baik Korsel maupun Korut, kedua tim ini sangat superior dibanding lawan-lawannya. Hal ini bisa dilihat dalam urusan mencetak gol dan juga mempertahankan gawangnya dari serangan lawan.

Di sepanjang jalannya turnamen, Korsel yang menghadapi enam tim seperti Malaysia, Arab Saudi, Laos, Hong Kong, Jepang, dan Thailand, berhasil mencetak total 12 gol tanpa pernah kebobolan satu kalipun. Kemenangan terbesar Taegeuk Warriors didapat kala menghadapi Malaysia dan Hong Kong dengan skor 3-0.

Sedangkan Korut yang di sepanjang kompetisi berhadapan dengan lima tim seperti Tiongkok, Pakistan, Indonesia, Uni Emirat Arab, dan Irak, berhasil mengkoleksi total 14 gol dan hanya satu kali kebobolan saat menghadapi Tim Garuda Muda. Kemenangan terbesar tim berjuluk Chollima itu didapat kala menghadapi Tiongkok dengan skor 3-0 dan Indonesia (4-1).

Namun, selain jumlah gol dan kebobolan, ada beberapa aspek yang bisa menjadi pembanding kekuatan kedua tim. Berikut data statistik kedua tim di perhelatan Asian Games 2014 Incheon:

(Korea Selatan - Korea Utara)

Jumlah Kemenangan (6 - 5)
Jumlah Kemenangan Beruntun (6 - 5)
Jumlah Laga Tanpa Kebobolan (6 - 4)
Jumlah Kemenangan Lebih dari Dua Gol (2 - 2)
Jumlah Kemenangan Kurang dari Dua Gol (4 - 3)
Rata-rata Gol Per Pertandingan (2 - 2,2)
Kemenangan Terbesar (3-0 - 4-1)
Gol Penalti (2 - 1)
Gol Bunuh Diri (0 - 0)
Pencetak Gol Terbanyak (Kim Seung-dae: 3 gol - Jong Il-gwan: 5 gol)


Editor : Verdi Hendrawan
Sumber : soccerpunter.com, Bolanews.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X