Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lima Hal di Kemenangan 4-3 Barca pada El Clasico 3

By Editor Eko Widodo - Senin, 24 Maret 2014 | 09:43 WIB
Cristiano Ronaldo diawasi oleh bayangan badan Dani Alves.
Getty Images
Cristiano Ronaldo diawasi oleh bayangan badan Dani Alves.

Cristiano Ronaldo adalah monster berbahaya jika tidak ditempel. Jangan dibiarkan ia melihat bayangannya sendiri. Memberikan bayangan dalam rupa Dani Alves dan defender Barca adalah strategi jitu Barca. Berikut 5 hal dari laga menarik sepanjang 90 menit itu.

3. Bayangan Cristiano Ronaldo Berwujud Dani Alves

Memang Barcelona lebih banyak menyerang daripada tuan rumah. Namun, mereka tetap mengawasi seorang predator yang tidak boleh dilepas barang sekejap: Cristiano Ronaldo!

Dalam terminologi permainan bola basket, ada namanya defense box in one. Artinya, satu orang ditugasi menjaga mati lawan, dan membiarkan permainan hanya dilakukan oleh empat pemain tersisa. Dan itu juga dilakukan Barca terhadap CR7: box in one selama 90 menit.

Pelaku paling pas adalah kolektif Dani Alves, Alba, Mascherano, atau Busquets. Akhirnya Dani Alves diminta menjaga seorang penyerang yang licin namun powerful yakni Ronaldo. Hasilnya terbukti. Ronaldo memang masih kesana-kesini, namun bayangan badannya adalah Alves.

Satu gol dilesakkan CR7 dari titik putih pada menit ke-55. Hanya itu. Kreativitas dan agresivitasnya berhasil dibayangi oleh Alves. Strategi jitu Tata Martino yang melihat bahwa CR7 adalah big enemy dari setiap lawan dalam sebagian besar 31 laga tanpa kalah Madrid.

Alves tak sendirian. Ia mendapatkan support dari defender Barca lainnya seperti Alba, Mascherano, atau Busquets. Instruksi Martino tegas: biarkan ia bermain outside namun jangan pernah membiarkan Ronaldo masuk ke penalti. Kali ini, CR7 kena jebakan pertahanan solid Alves dan Co.

Berikutnya: 4. Neymar dan Bale Tak Hanya Diam



Editor : Eko Widodo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X