Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gibraltar dan Kep. Mariana Utara Haram Masuk FIFA

By Zulfirdaus Harahap - Sabtu, 27 September 2014 | 13:57 WIB
Sepp Blater
Sebastien Bozon/Getty Images
Sepp Blater

Presiden FIFA, Sepp Blatter menegaskan bahwa organisasi yang dipimpinnya secara tegas menolak Gibraltar dan Kepulauan Mariana Utara. Menurut Blatter, kedua negara tersebut tidak memenuhi syarat untuk bergabung dengan FIFA.

Harapan Gibraltar dan Kepulauan Mariana Utara untuk menjadi anggota FIFA pupus sudah. Hal itu diungkapkan Sepp Blatter yang dengan secara tegas menolak keduanya menjadi anggota FIFA.

Mengacu kepada statuta FIFA, keduanya gagal bergabung karena tidak lolos sebagai negara merdeka. Padahal, UEFA telah mengizinkan Gibraltar untuk mengikuti kualifikasi Piala Eropa 2016.

"Komite eksekutif memutuskan bahwa Asosiasi Sepak Bola Gibraltar dan Asosiasi Sepak Bola Kepulauan Mariana Utara tidak dapat diterima sebagai anggota FIFA mengacu kepada pasal 10 Statuta FIFA," tegas Blatter.

Gibraltar merupakan negara teritori Inggris yang terletak berbatasan dengan Andaluisa, Spanyol. Sedangkan Kepualauan Mariana Utara merupakan sebuah persemakmuran milik Amerika Serikat yang berada di Samudra Pasifik Barat.


Editor : Zulfirdaus Harahap
Sumber : FIFA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X