Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menuju 8 Besar: Kerjasama dan Disiplin PBR

By Eko Widodo - Jumat, 26 September 2014 | 12:53 WIB
Dejan Antonic, arsitek bertangan dingin Pelita Bandung Raya.
Herka yaris Pangaribowo
Dejan Antonic, arsitek bertangan dingin Pelita Bandung Raya.

Kontributor Harian BOLA di Bandung, Erwin Snaz, berkesempatan melakukan interviu dengan pelatih PBR, Dejan Antonic, Rabu (24/9). Dejan menjawab sejumlah pertanyaan perihal keberhasilan PBR melaju ke 8 besar, persiapan tim, dan berbagai hal lain. Berikut petikan wawancara dengan pelatih asal Serbia itu.

* Apa kunci kesuksesan PBR hingga bisa ke babak 8 besar?
Tahun ini semua elemen bekerja keras. Mulai pelatih, pemain, manajemen, bahkan sampai pembantu umum. Kami semua seperti keluarga dan mengerti tugas serta kewajiban masing-masing, baik di dalam maupun di luar lapangan. Kami semua saling membantu. Selain itu, tim memiliki kedisplinan tinggi saat berlatih maupun ketika bertanding.

* Momentum apa saja di putaran kedua yang membuat PBR bisa lolos ke 8 besar?
Keberhasilan kami menahan Persija 1-1 di Jakarta. Saya tahu pada pertandingan itu Tuhan membantu kami untuk lolos ke 8 besar.

* Musim lalu PBR harus berjuang di play-off untuk bertahan di LSI.
Benar, musim kemarin kami hampir terdegradasi. Akan tetapi, musim ini siapa tahu kami bisa masuk ke final. Ada perbedaan mendasar antara musim ini dan musim lalu. Sekarang semua pemain bekerja bersama untuk tim. Kami tidak mengandalkan bintang besar dan sama-sama di satu level.

* Performa PBR membuat banyak klub tertarik pada pemain PBR. Anda juga laris menjadi incaran. Bagaimana menyikapinya?

Saya senang sekali karena banyak pemain yang seolah terlupakan dan tidak dipakai klub, tapi setelah bersama PBR kembali bersinar. Demikian pula para pemain muda yang makin dikenal bersama PBR.

Semua bisa melihat pemain kami punya kualitas. Tidak hanya kualitas teknik, tapi juga kualitas personal. Mereka jujur dan baik. Untuk saya, sejauh ini saya menikmati latihan setiap hari dan pertandingan bersama pemain.

* Bagaimana menempatkan pemain senior seperti Bepe, Nova, dan Agus Indra ke dalam barisan pemain muda?
Keberadaan mereka cukup istimewa. Para pemain senior itu profesional dan mereka bersedia membantu pemain muda pada latihan maupun pertandingan. Mereka menjadi contoh bagus untuk pemain muda. Saya senang punya pemain seperti Hermawan, Bepe, Agus, dan Nova di tim.

* Apa yang dituntut dari pemain muda PBR?
Pemain muda harus mau bekerja keras. Kerja keras sekarang akan membantu mereka kelak. Saya minta semua harus disiplin.

* Pendapat Anda soal PBR mungkin tidak menjadi favorit di 8 besar?
Dulu tidak ada yang percaya kami bisa lolos ke 8 besar. Akan tetapi, sekarang sudah banyak yang melihat tim kami berbeda. Kami mungkin bukan tim favorit di 8 besar, tapi PBR selalu bermain dengan hati terutama ketika tampil di Stadion Si Jalak Harupat.

* Apa yang paling krusial dibenahi di masa persiapan 8 besar?
Ada beberapa hal, tapi tidak bisa saya sampaikan. Yang pasti, pelan-pelan kekurangan itu kami benahi saat pemusatan latihan intensif di Si Jalak Harupat. Mudah-mudahan di 8 besar kami bisa tampil maksimal.

* Soal Persebaya, Persib, dan Mitra Kukar?
Persebaya tim besar, pernah menjuarai LI dan punya banyak pemain berkualitas bagus. Persib tim besar dengan banyak pemain yang saya hormati sejak dulu dan punya Viking, yang mencintai Persib sampai mati. Mitra Kukar adalah tim dengan beberapa pemain istimewa. Keberadaan Pelatih Stefan Hansson membuat Mitra menjadi tim bagus.

Ada yang ingin dilakukan secara khusus jika PBR bisa ke semifinal?
Sejauh ini belum ada. Saya tidak bisa berjanji terlalu banyak. Yang pasti kami semua harus berusaha bersama untuk Kota Bandung dan semua orang yang telah mendukung kami selama ini.# Erwin Snaz, Harian BOLA


Editor : Eko Widodo
Sumber : Harian BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X