Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Selecao Difavoritkan Juara PD U-20

By Caesar Sardi - Selasa, 14 April 2015 | 17:03 WIB
Rekor torehan Lionel Messi di 2005 diprediksi tersusul Brasil.
Robert Cianflone/Getty Images
Rekor torehan Lionel Messi di 2005 diprediksi tersusul Brasil.

bingar perebutan Piala Emas Concacaf yang digelar di AS, akan menyusul pergelaran Piala Asia di Asia Tenggara, termasuk di Jakarta, Copa America di Venezuela, dan selanjutnya adalah Piala Dunia U-20 di Kanada pada 30 Juni-22 Juli.

Piala Dunia U-20 tahun ini adalah jilid yang ke-16 seusai digelar dwitahunan sejak 1977. Kompetisi tersebut sekarang dikenal dengan nama baru, FIFA U-20 World Cup, setelah sebelumnya populer dengan sebutan FIFA World Youth Championship.

Dalam kompetisi terakhir di Belanda, Argentina untuk kelima kali keluar sebagai kampiun dan mengorbitkan nama Lionel Messi ke kawasan elite yang selama ini telah dihuni para bintang lapangan hijau.

Sementara itu, kini publik Kanada lewat sejumlah jajak pendapat di koran-koran utama Ottawa, yang berbahasa Prancis dan Inggris, sendiri memfavoritkan Brasil menjadi juara untuk menyamai rekor jumlah trofi Albicelestes.

Pada faktanya memang sulit bagi publik tuan rumah untuk menjagokan timnasnya yang berjulukan The Canucks (sebutan untuk orang Kanada oleh penduduk Amerika Utara) lantaran lingkaran kekuatan di level Piala Dunia Junior ini hanya berkutat pada tujuh negara.

Warner Janjikan Pesta

Ya, 15 titel juara Piala Dunia U-20 memang tidak pernah keluar dari wilayah kekuasaan negara Amerika Selatan (Brasil dan Argentina), serta Eropa (Portugal, Spanyol, Uni Soviet, Jerman Barat, dan Yugoslavia).

Jadi, pendukung Canucks tak perlu kecil hati bila mereka sulit menembus hegemoni pada wakil konfederasi UEFA dan Conmebol tersebut di rumah mereka sendiri. Ketua panitia asal Trinidad-Tobago, Jack Warner, menyebut warga Kanada siap menggelar aroma fiesta untuk semua laga tanpa berfokus pada penampilan timnas mereka saja.

“Publik Kanada sadar bahwa anak-anak muda yang akan bermain di kompetisi ini adalah lambang sebuah kekuatan baru. Mereka menjanjikan harapan dan saling pengertian yang lebih baik antarbangsa,” katanya pada Toronto Star.

Kompetisi ini digelar di enam kota, mulai dari Victoria, Burnaby, Edmonton, Toronto, Ottawa, hingga Montreal. Sebelum dilakukan pengundian grup pada 3 Maret 2007, penjualan tiket di enam venue tersebut ternyata sudah laku keras, melampaui angka 350 ribu lembar!

Antusiasme para calon penonton lokal tersebut sungguh di luar dugaan mengingat event Piala Dunia U-20 ini adalah pergelaran olahraga single event terbesar pertama yang digelar di Kanada.

(Penulis: Darojatun)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : Selasa 19 Juni 2007, BOLA Edisi No. 1.733


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X