Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Indonesia vs Thailand: Strategi Menyimpan Tim Inti

By Eko Widodo - Senin, 22 September 2014 | 17:05 WIB
Bayu Gatra, akan dimainkan penuh oleh Aji Santoso.
Peksi Cahyo/BOLA
Bayu Gatra, akan dimainkan penuh oleh Aji Santoso.

Pelatih Aji Santoso menegaskan tidak akan bermain aman dan tetap mengejar kemenangan meski hasil imbang sudah membuat Indonesia menjadi juara grup. Mengalahkan Thailand membuat perolehan poin Indonesia sempurna.

Ujian sesungguhnya dijalani Indonesia U-23 di fase penyisihan Grup E Asian Games 2014. Tim asuhan pelatih Aji Santoso itu dijajal Thailand di Stadion Incheon, Incheon, Senin (22/9). Pemenang laga ini keluar jadi juara grup.

Walau masih menanti perkembangan terakhir atas cedera gelandang Ramdani Lestaluhu, kiper Andritany Ardhiyasa, dan gelandang Dedi Kusnandar, Aji sudah menyiapkan pengganti sepadan. Pelatih 44 tahun itu mengungkapkan akan lebih banyak menurunkan pemain yang pada pertandingan melawan Timor Leste (15/9) dan Maladewa (18/9) tidak mendapat kesempatan dimainkan.

Aji mengisyaratkan menyimpan pemain inti dan hanya menurunkan satu pemain utama di tiga sektor, yakni bek, gelandang, dan sayap sebagai starting line-up. Pemain utama dipersiapkan untuk fase 16 besar. “Seluruh pemain harus siap bermain untuk mengasah mental dan merasakan pertandingan internasional karena sudah menjalani persiapan dan latihan yang sama,” kata Aji.

Soal lawan, Aji tidak menampik jika Thailand merupakan lawan berat. Akan tetapi, ia dan asisten pelatih sudah mempelajari kekuatan lawan baik dari penampilan di Grup E maupun laga di luar Asian Games.
“Mereka memiliki kecepatan dan permainan dari kaki ke kaki yang bagus,” ucapnya.

Bukan bermaksud meremehkan lawan jika pada Minggu (21/9) Aji justru meliburkan skuatnya dari sesi latihan rutin. Selama berada di Incheon, kebijakan meliburkan tim dari latihan rutin sehari sebelum pertandingan terbukti tepat untuk menjaga baik kondisi fisik maupun psikis pemain.

SIARAN LANGSUNG
RCTI & TVRI

Indonesia vs Thailand
Senin, 22 September; Pukul 18.00 WIB


Editor : Eko Widodo
Sumber : Harian BOLA (Penulis: Aning Jati)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X