Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Togar: Berkompetisi Adalah Hak Setiap Klub Anggota

By Aning Jati - Minggu, 12 April 2015 | 21:06 WIB
Togar Manahan Nero Simanjuntak, nyatakan hak klub berkompetisi.
Bola
Togar Manahan Nero Simanjuntak, nyatakan hak klub berkompetisi.

Kondisi kompetisi sepak bola nasional yang tengah bangkit dan berbenah, semestinya tidak direcoki dengan berbagai macam gangguan dari pihak luar. Togar Manahan Nero mengingatkan hal tersebut, setelah melihat gelagat sejumlah lembaga olahraga di luar sepak bola yang berusaha menghambat jalannya kompetisi sepak bola Indonesia musim ini.

Togar Manahan Nero Simanjuntak yang juga Komisrasi PT Liga Indonesia mencontohkan beberapa kasus yang telah dan sedang terjadi di kompetisi sepak bola Eropa. “Lihat saja AC Parma yang berkompetisi di Serie A, Liga Italia. Meski sudah dinyatakan pailit oleh pengadilan di Italia, namun mereka tetap boleh mengikuti kompetisi. Ingat kompetisi tersebut adalah hak klub. Hak tersebut dilindungi oleh undang-undang,” ungkap Toar Manahan Nero.

Kondisi pailit yang dialami oleh Parma tersebut, menurut Togar Manahan Nero, sama sekali tidak menghilangkan hak mereka untuk ikut berkompetisi di Serie A. “Jadi melihat kasus tersebut, jangan ada lagi pihak-pihak yang menganggu klub-klub di Indonesia dan menghambat keikutsertaan klub untuk berkompetisi di tingkat nasional,” ucap Togar Manahan Nero.

Menurut Togar Manahan Nero, langkah yang dilakukan BOPI dalam melarang Persebaya dan Arema untuk berkompetisi di QNB League dianggap telah menghilangkan hak dari dua klub tersebut untuk berkompetisi. “Itu sama sekali tidak benar,” ujar Togar.  Apalagi kedua klub tersebut telah memenuhi semua persyaratan yang digariskan oleh PSSI dan PT Liga Indonesia.


Editor : Ary Julianto
Sumber : Bolanews


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X