Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas Senior: Ada Skuat Cadangan ke Spanyol

By Editor Eko Widodo - Senin, 17 Maret 2014 | 15:41 WIB
Timnas Senior, pekan ini ke Spanyol.
Herka Yaris Pangaribowo
Timnas Senior, pekan ini ke Spanyol.

Timnas senior Indonesia akan menggelar pemusatan latihan di Spanyol sebagai program awal persiapan menyongsong Piala AFF 2014. Pelatih Alfred Riedl berencana membawa 23 nama plus dua pemain pelapis ke Negeri Matador.

Selama pemusatan latihan di sana, Firman Utina dkk. akan menjalani tiga laga uji coba. Dua di antaranya masuk kategori laga persahabatan FIFA, yakni melawan Andorra serta Kuba. Satu laga lain menghadapi tim lokal Spanyol.

“Soal lawan uji coba masih belum diputuskan secara final. Masih mungkin berubah. Namun, pada prinsipnya di Spanyol nanti timnas minimal akan menjalani tiga kali uji coba,” tutur Joko Driyono, Sekjen PSSI.

Bagi timnas, pemilihan lawan negara bertujuan untuk memperbaiki ranking FIFA. Lonjakan ranking amat membantu Indonesia dalam pembagian lawan di level persaingan Asia atau dunia.

Berdasarkan daftar peringkat FIFA yang dirilis Sabtu (15/3), Indonesia duduk di peringkat 154 dengan 128 poin. Artinya, Indonesia naik empat tingkat dari posisi sebelumnya, meski Indonesia bukan negara Asia Tenggara yang memiliki posisi terbaik di ranking FIFA.

Masih ada lima negara lain yang mengungguli Indonesia, yakni Vietnam di peringkat 125, Filipina menempati peringkat 130, Malaysia ranking 141, Thailand di peringkat 148, dan Singapura di posisi 149.

Program pelatnas di Spanyol adalah bagian dari kerja sama antara PSSI dengan Federasi Sepak Bola Spanyol. Asisten pelatih timnas senior, Widodo C. Putro, menyebut alasan Alfred memboyong dua pemain tambahan untuk berjaga-jaga apabila ada pemain yang mengalami cedera.

Komposisi pemain-pemain yang diboyong tersebut terdiri dari tiga kiper, delapan pemain belakang, sembilan gelandang, dan tiga penyerang. “Nama-nama yang pasti akan diumumkan oleh BTN dalam beberapa hari ke depan,” ujar Widodo.

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Ario Yosia




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X