Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ini Bukti Bale Pemain Termahal Dunia, Bukan Ronaldo

By Ade Jayadireja - Jumat, 22 Januari 2016 | 14:40 WIB
Bintang Real Madrid, Gareth Bale, terjatuh saat melawan Rayo Vallecano pada lanjutan La Liga di Stadion Santiago Bernabeu, 20 Desember 2015.
CURTO DE LA TORRE/AFP
Bintang Real Madrid, Gareth Bale, terjatuh saat melawan Rayo Vallecano pada lanjutan La Liga di Stadion Santiago Bernabeu, 20 Desember 2015.

Terungkap fakta bahwa biaya transfer Gareth Bale ke Real Madrid memang benar memecahkan rekor milik Cristiano Ronaldo. Hal tersebut terungkap setelah situs Football Leaks membocorkan dokumen berisi kontrak sang pemain.

Pada musim panas 2013, Madrid mengklaim mengeluarkan dana 78 juta pound (Rp 1,5 triliun) ketika membeli Bale dari Tottenham Hotspur.

Empat tahun sebelumnya, mereka memecahkan rekor transfer dunia saat merekrut Ronaldo dari Manchester United dengan banderol 80 juta pound.

Belakangan baru diketahui ternyata Bale-lah pemain termahal dunia, bukan Ronaldo.

Dokumen kontrak yang dibocorkan Football Leaks menunjukkan bahwa Los Blancos mengeluarkan 90 juta pound atau sekitar Rp 1,7 triliun untuk memboyong winger asal Wales itu.

Di dokumen tersebut tertulis bahwa Spurs mematok harga harga 78 juta pound apabila Madrid melunasi pembayaran transfer Bale dalam waktu 15 hari. Nyatanya, El Real memilih untuk melunasi pembayaran 4 kali dalam waktu 3 tahun dengan total 90 juta pound.

Baca juga:

Menurut jurnalis The Sunday Times, Jonathan Northcroft, Madrid sengaja menutupi nominal transfer Bale. Mereka melakukan itu guna menjaga perasaan Ronaldo.

"Madrid meminta saya untuk tidak mencantumkan harga Bale. Mereka sangat khawatir tentang itu," ujar Northcroft dalam acara BBC Radio 5 Live.

Madrid tak sia-sia mengeluarkan mewah untuk mengangkut Bale dari Spurs.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : BBC


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X