Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Trofi Piala Jenderal Sudirman Akan Diarak dari Purbalingga ke Jakarta

By Ferril Dennys Sitorus - Rabu, 20 Januari 2016 | 15:08 WIB
Bek Mitra Kukar, Abdul Gamal (mengangkat satu kaki) melakukan protes kepada wasit pada laga semifinal kedua Piala Jenderal Sudirman menghadapi Arema Cronus di Stadion Kanjuruhan, Kab Malang, pada Minggu (17/1/2016).
SUCI RAHAYU/JUARA.NET
Bek Mitra Kukar, Abdul Gamal (mengangkat satu kaki) melakukan protes kepada wasit pada laga semifinal kedua Piala Jenderal Sudirman menghadapi Arema Cronus di Stadion Kanjuruhan, Kab Malang, pada Minggu (17/1/2016).

Trofi turnamen Piala Jenderal Sudirman akan diarak dari Purbalingga Jawa Tengah ke Jakarta sebelum diperebutkan oleh klub Semen Padang dan Mitra Kukar pada pertandingan final di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (24/1/2016).

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, momen final turnamen yang digagas oleh TNI ini juga sebagai puncak peringatakan HUT Jenderal Sudirman yang ke-100 tahun. Dengan demikian ada dua momen besar yang akan berlangsung.

"Tanggal 24 bukan hanya pertandingan final, tapi juga hari bersejarah ke-100 tahun Panglima Besar Jenderal Sudirman," katanya di sela temu wartawan di kawasan Gelora Bung Karno Senayan, Rabu (20/1/2016).

Menurut dia, diaraknya trofi dari Purbalingga ke Jakarta merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada Panglima Besar Jenderal Sudirman. Selain itu sebagai tonggak semangat bagi pemuda Indonesia.

"Panglima Besar Jenderal Sudirman merupakan tokoh muda kelahiran Purbalingga. Beliau meninggal dalam usai 34 tahun. Kami berharap momen ini bisa mendongkrak semangat pemuda Indonesia," katanya menambahkan.

Sementara itu, CEO Mahaka Sports and Entertaiment selaku promotor turnamen, Hasani Abdulgani mengatakan, sesuai dengan rencana trofi yang akan diarak dari Purbalingga menuju Jakarta, Kamis (21/1/2016) adalah replika.

"Hari ini kami berangkat ke Purbalingga karena akan ada penyambutan oleh masyarakat malam nanti. Besok pagi baru akan diarak dengan menggunakan tandu," katanya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, trofi Piala Sudirman ini akan diarak lebih dari 300 km. Adapun mekanismenya adalah setiap 15 km akan terjadi penggantian tim yang akan membawa trofi. Saat masuk Jakarta, trofi tidak langsung dibawa ke Senayan. Namun, trofi tersebut akan disimpan di Museum Satria Mandala.

"Kami berharap jam dua siang sebelum final tropi sudah masuk Jakarta. Yang jelas semua persiapan untuk kegiatan ini siap dijalankan," katanya menambahkan.

 


Editor :
Sumber : Antara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X