Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Roger Federer Meminta Info Lebih Rinci Dugaan Pengaturan Skor di Tenis

By Selasa, 19 Januari 2016 | 14:36 WIB
Petenis Swiss, Roger Federer bereaksi ketika berhasil mengalahkan petenis Georgia, Nikoloz Basilashvili, pada babak pertama Australia Terbuka, Senin (18/1/2016).
SAEED KHAN/AFP PHOTO
Petenis Swiss, Roger Federer bereaksi ketika berhasil mengalahkan petenis Georgia, Nikoloz Basilashvili, pada babak pertama Australia Terbuka, Senin (18/1/2016).

Petenis Swiss, Roger Federer, meminta informasi lebih rinci terkait dugaan pengaturan skor pertandingan tenis yang dikeluarkan BBC dan Buzzfeed.

"Siapa (pelakunya) dan apa yang dilakukannya. Dugaan itu dilempar begitu saja dengan mudah," kata Federer.

Hasil investigasi dari BBC dan Buzzfeed Senin (18/1/2016) menyatakan bahwa dalam satu dekade terakhir ada satu kelompok inti terdiri atas 16 pemain yang sudah berulangkali menarik perhatian otoritas tenis atas kecurigaan pengaturan skor dan hasil pertandingan mereka.

Laporan itu menjelaskan bahwa ke-16 pemain tersebut menduduki peringkat 50 besar dunia dan lebih dari separuhnya tampil pada babak pertama Australia Terbuka 2016.

"Saya ingin mendengar siapa pelakunya dan saya akan senang jika mengetahui nama-namanya. Baru setelah itu Anda berkonsentrasi untuk memperdebatkannya," ucap Federer.

Peraih 17 gelar grand slam tersebut meminta nama pemain yang terlibat berikut tim pendukungnya juga diungkapkan supaya tidak memunculkan spekulasi.

"Apakah itu pemain ganda atau tunggal? Siapa tim yang mendukungnya? Apakah terjadi pada turnaman grand slam? Banyak informasi yang tidak jelas, sehingga itu menjadi omong kosong belaka karena baru spekulasi," ucap Federer.

Federer juga memberi kritik pedas tentang beberapa informasi baru yang disampaikan dalam program BBC.

"Sejujurnya saya tidak tahu persis berapa banyak hal-hal baru hasil investigasi tersebut. Saya mendengar nama lama terlibat, tetapi saya tidak tahu berapa banyak info baru di luar sana," ujar Federer.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : express.co.uk


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X