Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kronologi Bocornya Pemenang Ballon d'Or

By Anju Christian Silaban - Kamis, 7 Januari 2016 | 05:49 WIB
Pameran bertajuk
Dok. FIFA
Pameran bertajuk

Sejumlah media Eropa sempat memberitakan bocornya nama pemenang Ballon d'Or di situs resmi FIFA pada Rabu (6/1/2016). Namun, mereka menarik pemberitaan tersebut setelah ada kesalahan.

Salah satunya adalah media asal Inggris, Daily Mail. Berdasarkan pantauan JUARA.net, ada berita berjudul "Did FIFA accidentally announce Lionel Messi as Ballon d'Or winner?" sekitar pukul 21.00 WIB, Rabu (6/1/2016).

JUARA.net sempat menyadurnya dengan judul "FIFA Bocorkan Pemenang Ballon d'Or 2015". Berita tersebut melaporkan, nama Lionel Messi dan Celia Sasic tercantum sebagai pemenang Ballon d'Or edisi 2015 di situs resmi FIFA.

Akan tetapi, berita di Daily Mail justru menghilang sekitar pukul 05.00 WIB, Kamis (7/1/2016). Apabila tautan sebelumnya diklik, muncul berita tentang olahraga rugbi.

Ketika Daily Mail menarik berita tersebut, FIFA telah mengeluarkan pernyataan resmi untuk membantah kabar kebocoran pemenang Ballon d'Or.

"Pemenang Ballon d'Or belum bocor," bunyi kicauan akun FIFA Media sekitar pukul 00.30 WIB, Kamis (7/1/2016).

Kemudian, FIFA menunjuk European Sports Media sebagai pihak pertama yang melaporkan kebocoran tersebut. European Sports Media telah meminta maaf secara terbuka dengan alasan kesalahan teknis.

European Sports Media adalah media yang berada di belakang penghargaan Golden Shoe dan European Team of the Year.

FIFA baru mengumumkan secara resmi pemenang Ballon d'Or 2015 pada malam penghargaan di Kongresshaus, Zurich, Swiss, Senin (11/1/2016).


Editor :
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X