Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Siapa Pilih Siapa di Ballon d'Or 2015...

By Selasa, 12 Januari 2016 | 08:20 WIB
FIFPro XI 2015 diumumkan di Zurich, Senin (11/1/2016).
OLIVIER MORIN/AFP
FIFPro XI 2015 diumumkan di Zurich, Senin (11/1/2016).

 Selalu menarik mengulik siapa memilih siapa dalam FIFA Ballon d'Or, termasuk dalam penyelenggaraan tahun ini.  

Pemenang FIFA Ballon d'Or dipilih dari hasil voting yang melibatkan pelatih dan kapten tim nasional serta media dari negara-negara anggota FIFA.

Dari dokumen resmi yang dikeluarkan FIFA, tercatat para pemain dan kapten tim nasional memberikan suara kepada 3 nama yang dinilainya pantas meraih Ballon d'Or.

Akan tetapi, ternyata tidak ada nama Conte dan Buffon dalam daftar resmi FIFA itu. Mereka tidak memilih salah satu dari 49 nomine Ballon d'Or 2015.

Sky Sport Italia mengklaim bahwa Conte dan Buffon diminta abstain oleh Federasi Sepak Bola Italia (FIGC). Hal itu sebagai bentuk protes dari ketiadaan nama Buffon dalam daftar nomine final.

Seperti halnya Buffon, kapten timnas Spanyol, Iker Casillas, juga tak memberikan suaranya. Namun, pelatih Vicente Del Bosque tetap ikut memilih dengan mencantumkan nama Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Andres Iniesta.

Dari dokumen FIFA itu pun terlihat bahwa sejumlah kapten dan pelatih tim nasional mendukung kolega senegara atau seklubnya untuk menjadi yang terbaik.

Bastian Schweinsteiger misalnya. Kapten Jerman itu memilih Manuel Neuer dan Thomas Mueller. Begitu juga dengan Diego Godin yang mencantumkan nama Luis Suarez di kolom pertama pemain terbaik pilihannya.

Bagaimana dengan Indonesia? Meski negara ini tengah diembargo oleh FIFA, suara dari Indonesia tetap masuk. Namun, bukan dari pelatih dan kapten timnas, melainkan media. Demikian pula dengan Kuwait yang bernasib sama dengan Indonesia.

Pemain pilihan kapten tim sejumlah negara di Ballon d'Or 2015:


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : FIFA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X