Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Wayne Rooney Setara Sepuluh Orang Odion Ighalo

By Beri Bagja - Rabu, 23 Desember 2015 | 12:55 WIB
Odion Ighalo merayakan gol kedua Watford ke gawang Liverpool, 20 Desember 2015.
Ian Walton/Getty Images
Odion Ighalo merayakan gol kedua Watford ke gawang Liverpool, 20 Desember 2015.

Penyerang Watford, Odion Ighalo, termasuk salah satu paket kejutan Premier League musim ini. Tahukah Anda kalau nilai Ighalo hanya sepersepuluh dari harga pasar kapten Manchester United, Wayne Rooney?

Selain pada klasemen sementara, kejutan juga terhampar di daftar top scorer Premier League 2015-2016 sampai pekan ke-17. Tak ada bomber top dari klub besar di pos empat tertajam.

Tak ada nama Rooney, Diego Costa (Chelsea), Christian Benteke (Liverpool), atau Sergio Aguero (Manchester City). Yang tersaji hanya duet Jamie Vardy dan Riyad Mahrez (Leicester), Romelu Lukaku (Everton), serta Ighalo.

Secara berturut-turut, Vardy mencetak 15 gol, Mahrez dan Lukaku 13, sedangkan Ighalo 12. Namun, di antara mereka Ighalo menjadi yang paling unggul soal level ketajaman akumulatif. 

Bomber asal Nigeria tersebut memantapkan status sebagai pemain tersubur di kancah liga sepanjang tahun 2015 dengan koleksi 28 gol. Torehan itu bahkan mencakup statistik semua pemain di empat divisi teratas dalam sistem kompetisi di Inggris!

Perinciannya, Ighalo mencetak 16 gol di Divisi Championship 2014-2015 dan 12 gol dengan Watford melakoni musim 2015-2016 sebagai tim promosi di Premier League. Satu tingkat di bawah Ighalo adalah jagoan Tottenham, Harry Kane, yang mengoleksi 24 gol di 2015.

Dalam periode yang sama, Vardy mengumpulkan 19 gol, sedangkan Lukaku 17. Dwigol terbaru Ighalo terlahir ketika Watford menekuk Liverpool 3-0, Minggu (20/12/2015).


Wayne Rooney meninggalkan lapangan dengan kecewa usai Manchester United ditekuk Norwich di Old Trafford, 19 Desember 2015.(Alex Livesey/Getty Images)

Risiko dari penampilan apik Ighalo adalah datangnya ketertarikan dari klub-klub besar. Jika data di Transfermarkt menjadi acuan, harga pasar lelaki berusia 26 tahun itu cuma 2,8 juta pound atau 57 miliar rupiah.

Angka itu terbilang murah dibandingkan harga Rooney, misalnya. Penyerang Inggris itu memiliki nilai pasar 28 juta pound. Kalau dibandingkan, artinya Rooney bernilai sama dengan jajaran sepuluh orang Odion Ighalo!

Fakta yang terpapar di lapangan berkata lain. Walau harganya jauh lebih murah, Ighalo sudah mencetak 12 gol atau 10 biji lebih banyak dari catatan Rooney musim ini.


Editor :
Sumber : transfermarkt


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X