Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kisah di Balik Nomor Punggung 10 Milik Leo Messi

By Nugyasa Laksamana - Kamis, 24 Desember 2015 | 15:19 WIB
Lionel Messi melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua saat Barcelona memetik kemenangan telah 6-1 atas AS Roma di laga lanjutan babak penyisihan Grup E Liga Champions di Camp Nou, Selasa (24/11/2015) atau Rabu dini hari WIB.
DAVID RAMOS/GETTY IMAGES
Lionel Messi melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua saat Barcelona memetik kemenangan telah 6-1 atas AS Roma di laga lanjutan babak penyisihan Grup E Liga Champions di Camp Nou, Selasa (24/11/2015) atau Rabu dini hari WIB.

Lionel Messi (28) memiliki kisah di balik nomor punggung 10 yang dikenakannya di Barcelona. Menurut Messi, orang yang memintanya untuk memakai nomor tersebut adalah Ronaldinho.

Ronaldinho memperkuat Barcelona pada 2003. Sejak pertama tiba di Camp Nou, Ronaldinho memakai nomor punggung 10 yang sebelumnya digunakan oleh Juan Roman Riquelme.

Pada 2008, Ronaldinho meninggalkan Barcelona setelah mencetak 91 gol dari 198 pertandingan. Ketika itulah, menurut Messi, Ronaldinho menjanjikannya nomor punggung 10.

"Sebelum meninggalkan klub, Ronaldinho mengatakan kepada saya untuk memiliki nomor punggungnya," ujar Messi kepada Barca TV.

"Saya langsung menerimanya tanpa memikirkan apa yang sudah dilakukan Ronaldinho selama mengenakan nomor itu. Jika saya memikirkannya, mungkin saya tak akan mengambilnya," tuturnya.  

Selama memperkuat Barcelona, Messi sudah merengkuh 26 trofi dari seluruh kompetisi, dengan 21 di antaranya diraih setelah mengenakan nomor punggung 10.

Sebelum resmi memakai nomor punggung 10 pemberian Ronaldinho, Messi sempat menggunakan nomor punggung 30 (2004-2006) dan 19 (2006-2008).

"Ronaldinho adalah orang sederhana. Di ruang ganti dia duduk di samping saya. Kami bersahabat dengan baik dan jujur. Dia orang yang luar biasa," kata Messi.

[video]http://video.kompas.com/e/4670796129001_ackom_pballball[/video] 


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Barca TV


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X