Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Alex Oxlade-Chamberlain Siap Bermain di Mana Saja

By Fajar Muhammad Jufri - Rabu, 16 Desember 2015 | 18:36 WIB
Ekpresi Alex Oxlade-Chamberlain saat Arsenal kalah dari Olympiakos di Stadion Emirates (29/9/2015).
GLYN KIRK/AFP
Ekpresi Alex Oxlade-Chamberlain saat Arsenal kalah dari Olympiakos di Stadion Emirates (29/9/2015).

Pemain lincah Arsenal, Alex Oxlade-Chamberlain (22), mengaku senang bermain di posisi manapun yang diminta oleh sang manajer, Arsene Wenger.

Mantan pemain Southampton ini lebih sering diturunkan sebagai pemain sayap semenjak datang ke Arsenal pada 2011, akan tetapi ia juga nyaman bermain di posisi tengah apabila dibutuhkan karena jadwal padat menjelang Natal.

"Fleksibilitas ibarat benang tambahan pada busur panah," kata Chamberlain kepada Arsenal Weekly di situs resmi klub. "Dalam jangka panjang mungkin lebih baik untuk bermain di satu posisi dan menjadi benar-benar nyaman pada suatu area untuk menjadi sebaik mungkin di posisi itu."

"Meski demikian, Anda bisa melihat seperti pemain Bayern Muenchen, Philipp Lahm, yang merupakan salah satu bek kanan terbaik di dunia. Akan tetapi, ia juga bisa bermain di tengah lapangan bagaikan gelandang terbaik di dunia," ujar Chamberlain.

Ia mengatakan sepanjang kariernya, seorang pemain sepak bola akan selalu diminta untuk bermain di posisi yang berbeda, dan kebutuhan tim adalah yang utama.

Pemain yang berjuluk The Ox itu juga mengatakan sangat penting bagi seorang pemain agar dapat bermain fleksibel di beberapa posisi berbeda.

"Saya cukup beruntung karena menikmati bermain di sayap dan tengah lapangan. Saya menjadi lebih terbiasa bermain sebagai sayap karena telah bermain di sana lebih banyak. Semakin dewasa, saya dapat lebih ke tengah. Apabila diminta untuk bermain di sana, saya lebih dari senang untuk melakukannya," ujarnya.

"Ada suatu waktu dalam pertandingan karena cara bermain tim, saya mungkin berada di sayap. Namun, untuk 10 menit mungkin saya berada di tengah dan saya merasa seperti di rumah," ucapnya lebih lanjut.

Pemain internasional Inggris itu juga mengungkapkan terkadang ia merasa nyaman bermain sebagai gelandang karena lebih banyak mendapat bola, tidak seperti pemain sayap yang lebih mengandalkan rekan setim untuk mendapatkan bola.

"Ketika berada di sayap, Anda mendapat kesempatan lebih banyak untuk menyerang dan berlari melewati pemain lain, yang merupakan kekuatan utama saya. Tetapi saya senang bermain di kedua posisi tersebut," tambahnya.

Musim ini Chamberlain baru mencetak satu gol dalam 20 laga bersama Arsenal di semua kompetisi. Gol semata wayangnya ia ciptakan saat menaklukkan seteru mereka, sekaligus juara bertahan Premier League, Chelsea, 1-0 di ajang FA Community Shield pada Agustus lalu.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Arsenal.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X