Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pogba Mulai Ikuti Jejak Del Piero dan Platini

By Kamis, 17 Desember 2015 | 15:34 WIB
Paul Pogba, merayakan golnya ke gawang Torino pada babak 16 besar Coppa Italia 2015-2016 di Juventus Stadium.
Valerio Pennicino/GETTY IMAGES
Paul Pogba, merayakan golnya ke gawang Torino pada babak 16 besar Coppa Italia 2015-2016 di Juventus Stadium.

Paul Pogba mencetak sebuah gol cantik via tendangan bebas tatkala timnya, Juventus, menghempaskan Torino 4-0 di babak 16 besar Coppa Italia 2015-2016. Gol itu bisa menjadi salah satu pertanda bahwa nomor 10 Juventus memang layak dikenakan Pogba.

Selain identik dengan pemain berteknik mumpuni, pemakai nomor punggung 10 klasik biasanya juga dibekali dengan kemampuan mengeksekusi bola-bola mati. Pemain nomor 10 jenis itu pernah dipunyai Juventus, siapa lagi jika bukan Michel Platini dan Alessandro Del Piero.

Platini yang mengantar Si Nyonya Tua menjuarai Liga Champions pada 1984-1985 dikenal sebagai monster bola-bola mati. Timnas Prancis dan Juventus jelas adalah tim yang paling beruntung karena mereka bisa mengeksploitasi kemampuan Platini.

Selama memperkuat Juve pada rentang 1982 sampai 1987, Platini mencetak 13 gol tendangan bebas di Serie A. Di level timnas, pria yang dijuluki Platoche itu 11 kali menaklukkan kiper lawan via eksekusi bola mati.

"Hal yang paling saya banggakan adalah orang sekarang tak lagi berkata bahwa saya hanya seorang spesialis tendangan bebas," canda Platini begitu dirinya diangkat sebagai Presiden UEFA pada 2006.


Michel Platini, saat berlaga membela Juventus menghadapi Roma di Serie A 1984-1985(GETTY IMAGES)

Del Piero setali tiga uang dengan Platini. Saking hebatnya Del Piero dalam mencetak gol tendangan bebas, jebolan akademi Padova itu sampai dijuluki Mr. Segna Punizione. Sepanjang kariernya di Serie A bersama Juventus, Del Piero 22 kali bikin gol lewat sepakan bebas.

Setelah Del Piero, Juventus masih memiliki pakar tendangan bebas, yang tak lain adalah Andrea Pirlo. Cuma, selama berkostum Juve pada rentang 2011 sampai 2015, Pirlo mengenakan nomor punggung 21.


Alessandro Del Piero, membela Juventus menghadapi Napoli di laga final Coppa Italia 2011-2012.(Paolo Bruno/GETTY IMAGES)

Karena itu, Pogba yang mengenakan seragam nomor 10 Juve sejak awal musim 2015-2016, akan sangat pas disebut sebagai penerus Platini dan Del Piero. Pogba sadar bahwa dirinya harus mulai rutin mencetak gol via tendangan bebas jika dirinya mau mengikuti tapak kesuksesan dua pemain legendaris tadi.


Editor :
Sumber : FIFA, Rai Italia


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X