Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Malaysia Butuh Lee Chong Wei di Piala Thomas

By Tulus Muliawan - Minggu, 6 Desember 2015 | 20:34 WIB
Pebulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, tampil pada BCA Indonesia Open 2014 yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Juni 2014.
FERNANDO RANDY/BOLA
Pebulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, tampil pada BCA Indonesia Open 2014 yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Juni 2014.

Direktur Teknis Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM), Morten Frost, berharap Lee Chong Wei (33) bisa membantu Malaysia lolos ke Piala Thomas 2016 yang berlangsung di Kunshan, China, 15-22 Mei 2016.

Salah satu caranya adalah dengan tampil di turnamen Asia Team Championships yang berlangsung di Hyderabad, India, 15-21 Februari 2016. Turnamen itu sekaligus menajdi babak kualifikasi menuju Piala Thomas 2016.

"Kami membutuhkan peran Chong Wei. Asia Team Championships juga menawarkan poin tambahan untuk menuju Olimpiade Rio 2016," kata Frost, yang sudah setahun menjalani peran sebagai direktur teknis BAM.

Sebelumnya, Lee sempat menyatakan tidak akan tampil di Asia Team Championships dengan alasan ingin memberikan kesempatan lebih untuk para pemain muda. Lee berharap pemain muda Malaysia bisa semakin berkembang.

"Kami ingin mengirim tim terbaik ke Asia Team Championships. Hanya empat tim terbaik yang akan lolos ke Piala Thomas dan kami tidak bisa menyia-nyiakan kesempatan ini," kata pria berkebangsaan Denmark itu.

Frost menilai proses kualifikasi ke Piala Thomas tahun depan cukup rumit. China yang bertindak sebagai tuan rumah dan Jepang selaku juara bertahan dipastikan lolos ke putaran final. Namun, mereka akan tetap tampil di Hyderabad.

"Apabila China dan Jepang lolos ke semifinal, tinggal dua tempat yang tersisa karena empat tim terbaik akan lolos ke Piala Thomas. Oleh karena itu, sangat penting bagi kami untuk memiliki pemain-pemain terbaik di dalam tim," ucap Frost.

Selain Malaysia, sejumlah negara di antaranya Indonesia, Korea Selatan, India, Thailand, dan Taiwan, juga berburu tiket ke putaran final Piala Thomas 2016. Sebelumnya, Malaysia tampil sebagai runner-up pada Piala Thomas 2014.

[video]http://video.kompas.com/e/4647961529001_ackom_pballball[/video]


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : The Star


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X