Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Emblem Piala Dunia Klub, Kutukan Real Madrid

By Kamis, 24 Desember 2015 | 10:35 WIB
Trio Karim Benzema, Gareth Bale, dan Cristiano Ronaldo saat berlatih di Valdebebas pada 13 April 2015.
PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP
Trio Karim Benzema, Gareth Bale, dan Cristiano Ronaldo saat berlatih di Valdebebas pada 13 April 2015.

Pada 15 Desember 2001, Rafael Benitez muda dalam tekanan besar pertamanya. Musim perdana melatih Valencia, Rafa di ambang pemecatan di tengah musim berjalan menyusul hasil-hasil buruk yang diraih Los Che.

Duel melawan Espanyol di Montjuic, stadion lama mereka, disebut momen penghakiman. Kalah di laga itu, maka Rafa 99 persen dipecat. Maklum, sebelum duel itu, Valencia cuma menang lima kali dalam 16 partai La Liga.

Pertandingan berjalan, realitasnya mengerikan. Valencia tertinggal 0-2 di babak pertama. Tapi, perlawanan terjadi. Valencia bangkit dan mencetak tiga gol di paruh kedua laga, memenangi duel dengan skor akhir 3-2.

Setelahnya adalah sejarah keajaiban. Valencia bisa menang lagi dalam 15 dari 21 pertandingan sisa! Los Che memuncaki klasemen liga di akhir musim, meraih titel liga domestik pertama dalam 31 tahun dengan keunggulan tujuh poin atas tim di posisi kedua, Deportivo La Coruna.

Sekitar 14 tahun berlalu, Rafa kini dalam situasi mirip, tetapi dengan pertaruhan yang barangkali lebih besar. Ia tak lagi melatih Valencia, tapi Real Madrid dengan segala sorotan dan tekanan.

Rafa juga dalam posisi tak menarik. Sampai duel melawan Rayo Vallecano di kandang pada akhir pekan lalu, namanya terus disoraki Madridistas di Santiago Bernabeu.

Namun, duel 19 Desember 2015 itu barangkali akan menjadi momentum keajaiban yang dinanti pelatih berusia 55 tahun tersebut. Madrid menang sensasional, dengan skor 10-2 atas Vallecano. Trio BBC Madrid semua mencetak gol.

“Sangat positif kalau melihat trio BBC bermain begitu bagus. Sebuah bukti kalau kami bisa memanfaatkan ruang di pertahanan lawan. Permainan kami sangat efektif,” tutur pemain sayap Madrid, Alvaro Vazquez, di situs klub.

“Sekarang kami punya waktu istirahat beberapa hari dan kemudian akan kembali dengan kondisi yang jauh lebih siap saat melawan Real Sociedad,” katanya lagi.

Kutukan


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.646


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X