Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Peringkat Jerman Melorot, Indonesia Semakin Terpuruk

By Verdi Hendrawan - Kamis, 3 Desember 2015 | 21:02 WIB
Logo FIFA yang diambil dari kantor pusat di Zurich, Swiss, pada 9 Oktober 2015.
HAROLD CUNNINGHAM/GETTY IMAGES
Logo FIFA yang diambil dari kantor pusat di Zurich, Swiss, pada 9 Oktober 2015.

Secara mengejutkan peringkat Jerman sebagai juara dunia 2014 pada ranking FIFA anjlok dua peringkat. Sedangkan Indonesia yang belum juga lepas dari sanksi induk sepak bola tertinggi di dunia itu semakin terpuruk.

Satu kekalahan dari Prancis dan ditundanya laga menghadapi Belanda pada November 2015 berdampak besar kepada peringkat Jerman di mata FIFA. Posisi Die Mannschaft melorot ke peringkat keempat karena disalip oleh Argentina dan Spanyol.

Sedangkan di posisi puncak masih dimiliki oleh Belgia. Kemenangan 3-1 atas Italia membuat posisi Kevin De Bruyne dkk tetap terjaga sebagai yang terbaik, meskipun laga menghadapi Spanyol juga dibatalkan akibat masalah keamanan.

Sementara itu, posisi Indonesia di mata FIFA semakin terpuruk. Setelah dijatuhi sanksi selama tujuh bulan terakhir, kini Tim Garuda menempati posisi terburuk di sepanjang sejarah.

Indonesia kini menempati peringkat ke-179 dengan total 84 poin. Posisi Tim Merah Putih berada di bawah Laos dan hanya lebih baik dari Kamboja dan Brunei Darussalam di zona Asia Tenggara.

Baca Juga: 

PSSI Mendesak Kemenpora Segera Setor Nama ke FIFA-AFC

'PSSI dan Kemenpora, Ngobrol-lah...'

Tim yang memiliki peningkatan paling signifikan pada ranking FIFA edisi Desember 2015 ini adalah Libya. Negara Afrika Utara itu mengalami peningkatan 32 anak tangga.

Sementara itu tim yang memiliki kemunduran paling drastis adalah Liberia. Negara yang pernah melahirkan bintang sepak bola seperti George Weah itu terdampar di posisi ke-107 setelah turun 21 peringkat.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Fifa.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X