Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sirkuit Sepang Akan Ditutup Sementara untuk Renovasi

By Tulus Muliawan - Senin, 21 Desember 2015 | 15:00 WIB
Para pebalap Moto2 tampil pada GP Malaysia yang berlangsung di Sirkuit Sepang pada 25 Oktober 2015.
MIRCO LAZARRI GP/GETTY IMAGES
Para pebalap Moto2 tampil pada GP Malaysia yang berlangsung di Sirkuit Sepang pada 25 Oktober 2015.

Sirkuit Sepang, Malaysia, akan ditutup sementara menyusul rencana renovasi lintasan pada 15 Februari hingga 8 Mei 2016. Penutupan ini dilakukan setelah para pebalap menjalani tes pramusim pada 1-3 Februari.

Renovasi itu meliputi perbaikan aspal trek sepanjang 5,54 kilometer, perbaikan sistem drainase (saluran air), pelebaran area kerbs dan run-off sirkuit, serta perbaikan area gravel di tikungan 1 dan 15.

"Dalam lima tahun terakhir, penggunaan sirkuit ini sudah mencapai 98 persen, baik untuk agenda internasional sampai penyewaan secara pribadi," tulis pernyataan resmi manajemen Sepang International Sircuit (SIC).

Sirkuit Sepang menjadi tuan rumah dua ajang balap top dunia, Formula 1 dan MotoGP, sejak diresmikan pada 1999.

Sebelumnya, Malaysia lebih banyak mengandalkan Sirkuit Shah Alam sebagai arena balap internasional.

Michellin selaku pemasok ban utama MotoGP 2016 akan melakukan uji coba sebelum GP Malaysia digelar bulan Oktober untuk mengantisipasi agar kejadian di Sirkuit Phillip Island, Australia, pada MotoGP 2013, tak terulang lagi.

Pada MotoGP Australia 2013, sejumlah pebalap mengeluhkan kondisi aspal baru Sirkuit Phillip Island yang cepat panas. Akibatnya, Dorna meminta para pebalap masuk pit untuk berganti motor pada lap ke-11.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Crash


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X