Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio Haryanto, Tim Manor Punya Prospek Bagus

By Riemantono Harsojo - Kamis, 3 Desember 2015 | 18:31 WIB
Rio Haryanto saat menjajal ban Pirelli dalam sesi tes bersama mobil Tim F1 Manor di Sirkuit Yas Marin, Abu Dhabi, pada 1 Desember 2015.
Manor F1 Team
Rio Haryanto saat menjajal ban Pirelli dalam sesi tes bersama mobil Tim F1 Manor di Sirkuit Yas Marin, Abu Dhabi, pada 1 Desember 2015.

Para pengamat F1 di Indonesia mungkin sedikit menyayangkan Rio Haryanto hanya akan bergabung dengan tim papan bawah, Tim F1 Manor. Namun, Rio percaya Tim F1 Manor memiliki prospek bagus.

Manor Marussia F1 Team menempati peringkat 10 alias juru kunci dalam klasemen akhir kategori konstruktor di F1 musim 2015. Tim yang bermarkas di Banbury, Oxfordshire, Inggris itu sama sekali tak meraih poin setelah para pebalapnya tak pernah masuk 10 besar dalam setiap 19 seri balapan di musim 2015.

Meski demikian, Rio tak terlalu mempermasalahkan hal tersebut.

"Kami tentu maunya masuk tim papan tengah atau bahkan tim papan atas. Kami sebenarnya sudah mendapat tawaran (dari Sauber dan Force India) tapi karena kurang dana akhirnya diambil pebalap lain," ujar Rio kepada JUARA.net dalam perbincangan menjelang makan malam di Yas Mall, Abu Dhabi, pada Selasa (1/12/2015) malam.

"Yang pasti, mobil di tahun ini sudah berusia dua tahun. Mereka tidak ada development sama sekali dan untuk tahun depan mereka akan menggunakan sasis baru, aerodinamis baru, mesin yang berbeda dan juga hal teknis-teknis lain yang lebih moderen dan canggih," kata Rio menambahkan.

Rio memang mengakui mungkin akan sulit untuk langsung menggebrak jika dia jadi tampil bersama Tim F1 Manor di musim 2016, tetapi dia menilai keikutsertaan di F1 2016 dapat menjadi sarana untuk belajar dan mendapatkan pengalaman demi karier yang lebih baik di lomba jet darat.

"Mungkin akan sulit untuk meningkat karena ini tim bawah, tapi semoga dalam setahun saya bisa belajar sebanyak mungkin sehingga mudah-mudahan tahun depan saya dapat naik," ucap pemuda asal Solo yang menetap di Singapura itu.

Di sisi lain, Rio melihat Manor memiliki prospek bagus. Hal tersebut tidak lepas dari pemakaian mesin Mercedes untuk mobil Tim F1 Manor di musim 2016 setelah sebelumnya dalam dua tahun terakhir menggunakan mesin Ferrari.

"Untuk saat ini sebenarnya saya cukup senang karena ada berita yang cukup baik. Mereka tahun depan akan menggunakan mesin Mercedes. Kemarin (Senin, 30 November 2015) dalam perbincangan dengan engineer, mereka sangat positif untuk development mobil tahun depan," kata Rio.

Kubu Rio saat ini masih bernegosiasi untuk mendapatkan tempat di Tim F1 Manor. Tim F1 Manor merupakan satu-satunya peserta F1 2016 yang belum mengumumkan susunan dua pebalapnya untuk musim depan.


Editor : Riemantono Harsojo
Sumber : juara.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X