Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Federasi Sepak Bola AS Larang Pemain Belia Menyundul Bola

By Verdi Hendrawan - Rabu, 11 November 2015 | 05:18 WIB
Ilustrasi seorang anak tengah menyundul bola yang tidak akan boleh dilakukan lagi di Amerika Serikat.
Jamie McDonald/Getty Images
Ilustrasi seorang anak tengah menyundul bola yang tidak akan boleh dilakukan lagi di Amerika Serikat.

Federasi Sepak Bola Amerika Serikat, US Soccer, telah memberlakukan aturan di negara mereka bahwa semua anak berusia 10 tahun ke bawah dilarang menyundul bola, baik saat berlatih, bermain, dan bertanding olah raga tersebut.

Aturan ini diberlakukan US Soccer sebagai inisiatif melindungi fisik para pemain muda. Tubuh anak kecil, terutama kepala, dianggap masih sangat rentan cedera untuk digunakan menyundul bola.

Aturan ini akan diterapkan di seluruh akademi sepak bola yang ada di Amerika Serikat, termasuk di tim nasional dan klub-klub Major League Soccer.

Awal mula diberlakukanya aturan ini adalah ketika sekelompok orang tua dan pemain mengajukan gugatan hukum kepada US Soccer pada Agustus 2014 atas kelalaian dalam merawat dan memantau cedera kepala para pemain junior, terutama gegar otak.

Gugatan ini juga sempat diajukan kepada FIFA. Tetapi, hakim telah memutuskan pada musim panas 2015 bahwa gugatan terhadap badan sepak bola dunia tersebut tidak dapat dilakukan.

Seperti dikatakan oleh pengacara Steve Berman yang menangani kasus ini, para orang tua mengajukan gugatan ini hanya ingin US Soccer mengubah aturan di level junior.

Mereka tidak menuntut segala hal yang berhubungan dengan finansial untuk menarik kembali gugatan mereka.

"Dengan adanya inisiatif pencegahan gegar otak para pemain muda oleh US Soccer, kami merasa telah mencapai tujuan utama. Atas hal tersebut, kami tidak lagi melihat adanya kebutuhan untuk terus memperkarakan hal ini," kata Berman dikutip dari Sky Sports.

Selain melarang pemain berusia di bawah 10 menyundul bola, US Soccer juga dikabarkan akan memberlakukan pergantian pemain sementara kepada pemain yang diduga mengalami gegar otak. Akan tetapi, rincian lengkap dari proposal ini belum rampung sepenuhnya.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Sky Sports


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X