Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ballon d'Or Bukan Cuma Ilusi Bagi Neymar

By Sabtu, 14 November 2015 | 09:15 WIB
Neymar melakukan selebrasi usai mencetak gol ketiga Barcelona saat melawan FC  BATE Borisov di partai grup E Liga Champion.
David Ramos/Getty Images
Neymar melakukan selebrasi usai mencetak gol ketiga Barcelona saat melawan FC BATE Borisov di partai grup E Liga Champion.

Awan hitam di atas langit Camp Nou tampak sudah hilang tak berbekas. Laju tersendat, di mana Barcelona kesulitan menuai lebih dari tiga kemenangan secara beruntun, kini dengan mudah mampu mereka bukukan.

Pada musim 2015/16, laju terbaik Barca ialah tiga kemenangan beruntun. Rentetan itu diraih pada pekan satu-tiga, ketika menekuk Athletic Bilbao (1-0), Malaga (1-0), dan Atletico Madrid (2-1). Setelah itu, kemenangan atas Levante (4-1) disusul kekalahan dengan skor serupa di rumah Celta Vigo.

Sementara itu, dua kemenangan dengan skor 2-1 atas Las Palmas dan Bayer Leverkusen (Liga Champion) diputus kekalahan 1-2 dari Sevilla di Ramon Sanchez Pizjuan.

Kekalahan dari Sevilla itu menandakan partai pertama Barca kehilangan poin penuh tanpa sokongan Lionel Messi. Di samping itu, juga menjadi semacam titik balik dari bergesernya awan hitam dari langit Camp Nou. Maklum, Barca langsung berlari dengan meraih enam kemenangan beruntun.

Memang, sempat ada skor kacamata pada leg pertama babak 32 besar Copa del Rey. Namun, laga tersebut kurang pantas dimasukkan ke dalam perhitungan mengingat Luis Enrique menurunkan tim lapis kedua.

Enam kemenangan yang dimaksud layak masuk kategori istimewa. Selain diwarnai torehan 18 gol, juga dibarengi dengan koleksi empat clean sheet. Sebagai perbandingan, dalam 12 laga sebelumnya Barca hanya mampu meraih dua clean sheet.

Komparasi Messi dan CR7

Artinya, Enrique berhasil menemukan formula tepat guna kembali ke jalur juara. Setidaknya, Lucho mampu memaksa anak buahnya untuk bermain optimal di semua aspek permainan. Baik dalam bertahan, yang dilihat dari 441 menit tanpa kebobolan, maupun dalam menyerang.

Dalam aspek ketajaman, tak ada nama yang paling pantas diusung selain duet Neymar dan Luis Suarez. Keduanya bertanggung jawab akan terciptanya 16 dari 18 gol tersebut. Jika dihitung sejak Messi absen di pertengahan laga versus Las Palmas, tandem berjuluk The Golden Boys itu sudah mengumpulkan 20 gol.

Mungkin kurang adil untuk membesarkan porsi sorotan ke arah Neymar saja. Akan tetapi, kapten Brasil itu terbukti mampu mencuri atensi yang lebih tinggi ketimbang bomber Uruguay tersebut. Terutama setelah dirinya mencetak gol spektakuler dalam kemenangan atas Villarreal 3-0 pada akhir pekan kemarin.

Gol fantastisnya disejajarkan dengan gol serupa saat Ronaldinho mengoyak jala gawang Osasuna pada musim 2004/05. Laman Marca bahkan berani membandingkan Neymar dengan Messi dan Cristiano Ronaldo, dua manusia terbaik di panggung sepak bola.

Pada usia 23 tahun, apa yang dicatat Neymar memang mengungguli Messi maupun Ronaldo. Khususnya dari jumlah gol maupun rata-rata gol per partai. Dengan rapor cemerlang itu, bukan mustahil sosok Neymar akan berada di podium teratas Ballon d'Or, seperti halnya Messi dan Ronaldo. Bukan lagi sebatas ilusi.

Penulis: Sapto Haryo Rajasa


()


Editor : Fajar Mutaqin Ahmad
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.640


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X