Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Totti Sang Raja Derby della Capitale Sepanjang Masa

By Indra Citra Sena - Minggu, 8 November 2015 | 06:30 WIB
Selfie, salah satu bentuk selebrasi gol Francesco Totti di Derby della Capitale.
Getty Images
Selfie, salah satu bentuk selebrasi gol Francesco Totti di Derby della Capitale.

Selama lebih dari dua dekade mengenakan seragam Roma, Totti telah melewati berbagai macam pertandingan penting, terutama yang melibatkan rival sekota, Lazio. Sejauh ini, dia pernah tampil dalam 41 partai Derby della Capitale di semua ajang.

Catatan tersebut berada jauh di atas jumlah penampilan para pelakon lain semisal Daniel De Rossi (25), Sergio Santarini (25), Guido Masetti (24), dan Giuseppe Wilson (23). Artinya, Totti merupakan pemegang rekor terbanyak sepanjang masa.

Bukan cuma itu, Totti juga teridentifikasi sebagai pemain tertajam di Derby della Capitale bersama Dino da Costa (1955-1960) dengan koleksi 11 gol. Hebatnya lagi, setiap kali ia mencetak gol, Roma tak pernah kalah dari Lazio (empat menang dan lima imbang).

Di samping jumlah penampilan dan gol, Totti kerap menyajikan aksi unik ketika melakukan selebrasi usai membobol gawang Lazio. Pada 11 April 1999, dia melepas jersey lalu memperlihatkan kaus bertuliskan “Vi ho purgato ancora” yang berarti “saya kembali menjerumuskan kalian”.

Tulisan itu merupakan ekspresi kegembiraan Totti yang berhasil mencetak gol dalam dua partai derbi secara beruntun setelah 28 November 1998. Dia berandil memberikan empat poin buat Roma berkat hasil imbang 3-3 di duel pertama dan kemenangan 3-1 di duel kedua.

Pada awal tahun ini, tepatnya 11 Januari 2015, selebrasi Totti kembali mencuri perhatian. Dia berpose di depan pendukung Roma dan memotret dirinya sendiri alias selfie dengan menggunakan kamera ponsel milik salah satu staf pelatih Roma.

Sungguh disayangkan pada partai derbi malam nanti Totti tak akan bisa berpartisipasi lantaran masih berkutat dengan cedera paha sehingga ia terpaksa menyaksikan rekan setimnya berjuang dari bangku penonton.

Raja Gol di Derby della Capitale

No. Pemain Klub Gol
1. Francesco TOTTI Roma 11
2. Dino DA COSTA Lazio 11
3. Marco DELVECCHIO Roma 9
4. Vincenzo MONTELLA Roma 8
5. Silvio PIOLA Lazio 7

Berbagai Bentuk Penghormatan kepada Totti<<<

Selamanya Menjadi Anak Mama>>>

 


Editor :
Sumber : Tabloid BOLA (Indra Citra Sena)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X