Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

O'Neill Sebut Sir Alex Telah Salah Memandang Roy Keane

By Verdi Hendrawan - Jumat, 20 November 2015 | 00:12 WIB
Martin O'Neill (kiri), menyebut Roy Keane yang kini menjadi asistennya di tim nasional Rep Irlandia sebagai mantan pemain kelas duniamilik Manchester United.
LAURENCE GRIFFITHS/GETTY IMAGES
Martin O'Neill (kiri), menyebut Roy Keane yang kini menjadi asistennya di tim nasional Rep Irlandia sebagai mantan pemain kelas duniamilik Manchester United.

Martin O'Neill menyebut Sir Alex Ferguson telah salah meninggalkan nama Roy Keane dari daftar pemain kelas dunia yang pernah ditangani selama menangani Manchester United.

Pada September 2015, melalui buku otobiografi terbarunya Ferguson menyebut dirinya hanya pernah memiliki empat pemain kelas dunia di dalam skuatnya. Padahal selama 27 tahun menangani United, ia berhasil meraih kesuksesan besar dengan memenangi 27 gelar utama.

Meski sempat diklarifikasi ulang, keempat pemain tersebut adalah Eric Cantona, Ryan Giggs, Paul Scholes, dan Cristiano Ronaldo. Namun, bagi O'Neill, Keane sangat layak disejajarkan dengan empat pemain itu.

"Roy adalah seorang tokoh ikonik dan dia telah menjadi pemain sepak bola kelas dunia, terlepas dari apa yang dikatakan oleh Sir Alex Ferguson," kata O'Neill kepada Sky Sports.

"Dia adalah pemain kelas dunia karena dia mampu memberikan pengaruh besar yang tidak bisa Anda bayangkan, kepada tim raksasa seperti Manchester United," ungkapnya.

Selama membela United, Keane langsung menjadi kapten tim sejak 1997 meski baru empat tahun bergabung. Ia dipilih Sir Alex sebagai pengganti Eric Cantona yang tiba-tiba pensiun.

Keane juga berhasil menjadi pemimpin hebat bagi rekan-rekannya di atas lapangan dan menjadi penghubung yang baik antara Ferguson dengan para pemain lain.

Selain itu, Keane juga menjadi penyemangat para pemain muda untuk bisa berkembang menjadi bintang, seperti yang terjadi kepada Class of 92'.

"Dia adalah pengendali kekuatan tim. Ketika Anda mampu menjuarai liga dan kompetisi besar berkat pengendali kekuatan seperti itu, Anda tidak dapat digolongkan ke dalam level lain selain kelas dunia," tutur pelatih yang berhasil mengantarkan Republik Irlandia berlaga di Piala Eropa 2016 itu.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Sky Sports


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X