Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Extra Time: Laga Historis Inggris vs Jerman

By Jumat, 13 November 2015 | 19:36 WIB
Gol Frank Lampard, digagalkan keputusan wasit.
Paul Ellis/AFP
Gol Frank Lampard, digagalkan keputusan wasit.

Rivalitas Inggris dan Jerman sejatinya bermula sejak awal abad ke-20. Kala itu, sepak bola masih jadi alat propaganda bagi Nazi, yang saat itu berkuasa di Jerman. Laga internasional resmi mereka digelar di Berlin dengan hasil seri 3-3. Namun, menjelang Perang Dunia II, persaingan kedua negara di sepak bola dipolitisasi.

Terlepas dari adanya kepentingan-kepentingan tersebut, rivalitas sepak bola dari kedua negara itu berlanjut. Hingga kini mereka telah bertemu 29 kali dalam laga resmi sejak 1930. Hasilnya, Jerman menang 12 kali, Inggris menang 14 kali, dan tiga kali seri. Berikut ini merupakan lima laga historis kedua tim.

Inggris Vs Jerman Barat 4-2, Final Piala Dunia 1966

Laga historis yang pertama terjadi pada fi nal Piala Dunia 1966 di Stadion Wembley, Inggris. Saat itu, Inggris sukses menaklukkan Jerman Barat dengan skor 4-2. Bobby Charlton cs. meraih gelar juara dunia pertama bagi Inggris.

Pertandingan ini dikenang karena gol siluman Geoffrey Hurst. Sulit dipastikan apakah bola sudah melewati garis gawang atau belum. Namun, wasit memutuskan gol sah terjadi.

Inggris Vs Jerman Barat 2-3, Perempat Final Piala Dunia 1970

Momen bersejarah berikutnya di Meksiko, saat Inggris dan Jerman bertemu di perempat final Piala Dunia 1970. Seperti empat tahun sebelumnya, kedua tim bermain imbang 2-2 pada waktu normal.

Namun, kali ini Jerman Barat yang keluar sebagai pemenang lewat gol Gerd Mueller pada babak kedua perpanjangan waktu.

Jerman Vs Inggris 1-5, Kualifikasi Piala Dunia 2002

Jerman sedang memimpin Grup 9 kualifi kasi tanpa pernah kalah. Jadi, saat Carsten Jancker membuka skor pada menit keenam, publik Muenchen sudah membayangkan kemenangan.

Yang terjadi kemudian ialah pembantaian Jerman oleh Inggris. Michael Owen (menit ke-12, 48', 66'), Steven Gerrard (45+3'), dan Emile Heskey (74') bergantian menjebol gawang Oliver Kahn.

Jerman Vs Inggris 4-1, 16 Besar Piala Dunia 2010

Inggris dan Jerman bertemu di babak 16 besar Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Dalam waktu setengah jam, Jerman unggul 2-0. Namun, Matthew Upson memperkecil ketertinggalan pada menit ke-37.

Momen kontroversial terjadi pada menit ke-39. Bola hasil tembakan Frank Lampard jelas telah melewati garis gawang usai membentur mistar. Namun, wasit tak mengesahkan gol. Jerman kemudian menambah dua gol pada babak kedua.

Penulis: Joseph Lopiwudhi/Dwi Widijatmiko


Editor :
Sumber : Tabloid BOLA No. 2639


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X