Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

NHS: Ivanovic, Terry, dan Zouma Overweight

By Firzie A. Idris - Jumat, 23 Oktober 2015 | 15:01 WIB
Branislav Ivanovic, memiliki angka BMI yang melebihi batas ideal.
Julian Finney/Getty Images
Branislav Ivanovic, memiliki angka BMI yang melebihi batas ideal.

Selama ini, orang memakai cara yang sangat sederhana dalam mengukur bobot ideal, yakni dengan mengurangi 110 dari tinggi badan seseorang.

Belakangan, WHO menyepakati nilai BMI (Body Mass Index) atau Indeks Masa Tubuh sebagai perhitungan guna mencari bobot ideal manusia dewasa.

Dengan memakai perhitungan ini, klasifikasi bobot ideal bisa dibagi atas berbagai kategori. Jadi, tak sesederhana saat menilai kelebihan atau kekurangan seperti saat mengurangi 110 dari tinggi badan, tapi kita bisa mencari tahu sekurang apa dan selebih apa seseorang dari bobot idealnya.

Perhitungannya adalah jika BMI seseorang melebihi angka 25, berarti ia sudah harus mulai memikirkan bagaimana cara tercepat untuk mengurangi bobot tubuh.

Baru-baru ini, Mirror melakukan kajian tentang bobot ideal pemain Premier League dengan menggunakan acuan yang diperoleh dari Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS).

Ternyata, sejumlah pemain yang dari layar kaca tampak cukup ideal, pada faktanya punya angka BMI yang melebihi batas ideal.

Martin Olsson asal Norwich City muncul sebagai pemain dengan angka BMI tertinggi (28). Kiper Tottenham Hotspur, Michael Vorm, menjadi penutup deretan pemain yang berkategori kelebihan berat badan alias overweight.

Dengan angka BMI 25,1, Vorm ditemani Shinji Okazaki (Leicester) dan Dimitri Payet (West Ham).

Selain Norwich, Chelsea juga menjadi klub yang mengirim tiga wakil dalam kategori overweight. The Blues menyertakan Branislav Ivanovic (26,6), John Terry (25,6), dan Kurt Zouma (25,5). Kendati demikian,

kelebihan BMI bukan lan tas dengan serta-merta mengurangi kualitas permainan.


Editor :
Sumber : Harian BOLA 23 Oktober 2015


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X