Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Catatan Sejarah Sepakbola: 4 November

By Riemantono Harsojo - Rabu, 4 November 2015 | 13:41 WIB

Berikut ini adalah beberapa momen menarik di dunia sepak bola yang terjadi pada tanggal 4  November.

2001
Tidak lama setelah datang ke Italia untuk memperkuat Brescia, Pep Guardiola divonis postif doping dalam tes yang dilakukan setelah pertandingan melawan Lazio pada 4 November 2001. Hal itu membuatnya diberi sanksi tidak boleh bermain selama empat bulan.

Guardiola bersikeras bahwa dirinya tidak  menggunakan nandrolone. Pria bernama lengkap Josep Guardiola Sala ini mengklaim bahwa zat tersebut masuk setelah ia mengonsumsi suplemen nutrisi. Meski begitu, sanksi tetap diberlakukan mulai 22 November.

Pada 23 Oktober 2007, Guardiola dinyatakan bersih dari segala tuduhan yang menyebabkannya mendapatkan sanksi. Tapi, Komite Olimpiade Italia (CONI) membuka kembali kasus tersebut karena menilai FIGC melakukan hal yang keliru terhadap kasus ini. Setelah menjalani dua kali sidang, pada 8 Mei dan 15 September 2009, Guardiola dinyatakan benar-benar bersih dari kasus tersebut.


1972
Luis Filiper Madeira Caeiro Figo atau yang lebih dikenal dengan Luis Figo dilahirkan di kota Almada pada 4 November 1972.

Figo merupakan pemain jebolan akademi Sporting Lisbon yang berhasil menembus skuat senior tim tersebut pada tahun 1989. Ia bermain di sana sampai tahun 1995. Sebelum membela Inter pada tahun 2005, di awal abad baru Figo menyebrang secara langsung dari Barcelona ke Real Madrid. Hal itu tentu saja membuat Figo yang awalnya menjadi pemain pujaan menjadi dibenci oleh para fan Barca.

Figo pensiun dari dunia sepak bola pada tahun 2009 di Inter. Satu momen yang akan selalu diingat dalam perjalanan karier pemenang Ballon d’or 2000 ini tentu saja ketika Figo dilempari kepala babi oleh fan Barca ketika ia hendak mengambil sepak pojok dalam laga el clasico perdananya bersama Real Madrid.


1952
FA Youth Cup pertama kali diadakan pada 63 tahun yang lalu. Dua tim pertama yang saling berhadapan waktu itu adalah Manchester United dan Nantwich Town pada 4 November 1952. Pada pertandingan itu, United berhasil menang dengan skor menakjubkan, 23-0!

Setan Merah berhasil mempertahankan performa luar biasa mereka dalam edisi pertama kompetisi tim junior di Inggris itu. Pada akhir musim, mereka sukses menjadi tim pertama yang menjuarai FA Youth Cup.

Setelah lebih dari enam dekade bergulir, Manchester United berhasil menjadi tim tersukses di FA Youth Cup dengan koleksi 10 trofi. Juara terbaru dari kompetisi ini adalah Chelsea. Mereka mendapatkan gelar ini untuk keenam kalinya setelah mengalahkan Arsenal dengan skor 2-1.   

 

Penulis: Anugrah Pradana

 


Editor : Riemantono Harsojo
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X