Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cazorla Bicara Tentang Peran Barunya di Lapangan Tengah Arsenal

By Fajar Muhammad Jufri - Jumat, 30 Oktober 2015 | 19:46 WIB
Santi Cazorla terkena tackle Xabi Alonso saat melewati gelandang Bayern Muenchen itu di ajang Liga Champions.
Ben Stansall/AFP
Santi Cazorla terkena tackle Xabi Alonso saat melewati gelandang Bayern Muenchen itu di ajang Liga Champions.

Santi Cazorla mengungkapkan kunci kesuksesannya di lini tengah Arsenal musim ini. Ia mengatakan bahwa dirinya kini menjadi figur yang harus memegang tanggung jawab lebih dalam bertahan.

Pemain berusia 30 tahun asal Spanyol ini beralih posisi dari pemain bertipe menyerang yang memanfaatkan lebar lapangan menjadi sosok defensif dan berperan sentral di lini tengah.

Sekarang, ia menjadi mitra Francis Coquelin di jantung lini tengah The Gunners. Meski mengubah posisinya, Cazorla menjadi salah satu pemain paling konsisten di Arsenal musim ini.

“Arsene Wenger mengubah posisi saya musim lalu dan memainkan saya lebih ke tengah,” kata Cazorla di situs resmi Arsenal.

Mantan playmaker Malaga dan Villareal ini mampu menjawab tantangan itu dan ia dapat mengendalikan permainan dari tengah lapangan. Bahkan, ia menikmati posisi barunya tersebut

“Ini posisi yang sangat saya sukai meskipun membuat saya lebih jauh dari area bertahan lawan sehingga jarang mendapat kesempatan mencetak gol. Saya menemukan performa terbaik dan menikmati posisi baru ini,” ucapnya lagi.

"Anda memiliki tanggung jawab berbeda. Dalam hal pertahanan, anda harus lebih bertahan dan membantu tim dengan cara memastikan anda berada di posisi yang baik untuk membantu para penyerang tetap segar,”

"Kami perlu pemain seperti Mesut Oezil, Alexis Sanchez, Aaron Ramsey, Alex-Oxlade Chamberlain, Theo Walcott, dan Olivier Giroud tetap segar. Itu berarti saya, Coquelin, Mikel Arteta dan Mathieu Flamini perlu memposisikan diri dengan baik untuk memastikan mereka dapat melakukan serangan semaksimal mungkin," tutur pemain bernama lengkap Santiago Cazorla Gonzalez ini.

Lantaran mengubah posisi dan gaya bermainnya, dalam 14 laga bersama Arsenal di semua kompetisi musim ini, Cazorla baru mencatatkan 4 assist dan belum sekalipun mencetak gol.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Arsenal.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X