Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Peran Totti Mulai Bergeser Seiring dengan Pertambahan Usia

By Indra Citra Sena - Jumat, 6 November 2015 | 06:15 WIB
Francesco Totti, nomor punggungnya akan dipensiunkan seperti Paolo Maldini dan Diego Maradona.
Luciano Rossi/AS Roma
Francesco Totti, nomor punggungnya akan dipensiunkan seperti Paolo Maldini dan Diego Maradona.

Sejauh ini, Francesco Totti memang belum mengindikasikan bakal mundur dari lapangan hijau. Selain faktor usia yang tergolong uzur untuk ukuran pesepak bola, belakangan dia juga kerap bermasalah dengan kebugaran, entah itu cedera atau kelelahan.

Dengan kata lain, Totti sebentar lagi akan mencapai keabadian berkat seluruh prestasi yang ia capai bersama AS Roma. Pihak klub pun sudah melempar wacana soal memensiunkan nomor punggung 10 demi memberikan penghormatan kepadanya.

"Tatkala Totti gantung sepatu, kami tentu berniat memensiunkan nomor 10 di Roma. Pesta perpisahannya juga tak hanya akan berlangsung sehari, melainkan sebulan penuh," ucap Presiden Roma, James Pallotta, seperti dikutip dari Sky Sport 24.

Bila kesampaian, Totti bakal mengikuti jejak para pemain legendaris Serie A lain yang mendapatkan penghormatan serupa, contohnya Diego Maradona (Napoli) dan Paolo Maldini (Milan).

Memasuki periode penghabisan karier, peran Totti mulai bergeser. Kemampuan yang cenderung menurun akibat termakan usia membuat ia kini tak lagi mengemban tanggung jawab secara penuh seperti masa jayanya, baik dalam mengatur serangan maupun mencetak gol.

Totti bahkan lebih sering menghuni bangku cadangan, tapi bukan berarti ia cuma duduk manis dan menyaksikan rekan setim bertanding. Dia aktif menyemangati personel Roma yang sedang bertarung di atas lapangan.

Pelatih Roma, Rudi Garcia, mengakui bahwa Totti mengalami penurunan performa dan kebugaran pada musim ini. Hanya, keberadaan sang kapten di bangku cadangan tetap bisa membawa dampak positif terhadap tim.

"Kami beruntung memiliki figur kapten seperti Totti. Dia mungkin tak bisa selalu bermain di setiap pertandingan sekarang, namun ia tetap saja berpengaruh besar buat tim," kata Garcia seperti dilansir Football-Italia.  

Hitung Mundur Menuju Keabadian<<<

Akrab dengan Kontroversi di Awal Karier Bareng Timnas Italia>>>

 


Editor : Indra Citra Sena
Sumber : Tabloid BOLA (Indra Citra Sena)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X