Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ligue 1 Prancis Buka Pintu Bagi Barca

By Firzie A. Idris - Selasa, 27 Oktober 2015 | 20:22 WIB
Akankah kita melihat bendera Barcelona berkibar di laga domestik Prancis?
Alex Caparros/Getty Images
Akankah kita melihat bendera Barcelona berkibar di laga domestik Prancis?

Potensi kepergian Barcelona dari Liga Spanyol apabila Catalunya menjadi negara merdeka disambut oleh tetangga mereka. Perdana Menteri Prancis, Manuel Valls, membuka pintu bagi Lionel Messi cs untuk bermain di Ligue 1 Prancis.

Valls mengutarakan pendapatnya tersebut kepada majalah Challenges. "Kenapa tidak bisa? Monaco juga bermain di Ligue 1," ujar politisi kelahiran Barcelona tersebut.

Namun, pendapat Valls ini bisa jadi hanya merupakan pendapat pribadi. Pria dengan ayah Spanyol dan ibu orang Swiss ini memang kerap menyampaikan bahwa dirinya merupakan fans berat Azulgrana sejak era Jenderal Franco.

Pemimpin Spanyol antara 1938 dan 1973 ini anti terhadap Catalunya dengan melarang penggunaan bahasa Catalan di Spanyol

"Saya masih ingat atmosfer luar biasa di lapangan pada Agustus 1975, beberapa minggu sebelum Franco meninggal dunia," tutur Valls kepada Journal du Dimanche.

"Sejarah klub ini tak hanya berkaitan dengan sepak bola. Saya punya hasrat tinggi terhadap sepak bola, dan klub ini. Rakyat Prancis tahu ini dan saya senang berbicara tentang Barcelona kepada siapa pun," lanjut politisi dari Partai Sosialis Prancis ini.

Monaco sendiri bermain di Ligue 1 Prancis selama hampir 100 tahun terakhir karena Kepangeranan Monako bukan anggota UEFA. Menariknya, Monako punya timnas sendiri di bawah Federasi Sepak Bola Monegasque. Catalunya juga punya tim nasional yang bernaung di bawah Federasi Sepak Bola Catalan.

Catalunya, seperti Monako, tidak terafiliasi di UEFA atau FIFA sehingga mereka tidak boleh berpartisipasi di ajang resmi FIFA seperti Piala Dunia atau Piala Eropa. Akan tetapi, timnas Catalunya pernah menghadapi antara lain timnas Argentina dan Brasil.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Challenges, Journal du Dimanche


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X