Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Xavi Sarankan Rooney Ganti Posisi

By Anju Christian Silaban - Rabu, 28 Oktober 2015 | 17:51 WIB
Striker Manchester United, Wayne Rooney.
Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Striker Manchester United, Wayne Rooney.

Mantan gelandang Barcelona, Xavi Hernandez, menyarankan striker Manchester United, Wayne Rooney, untuk berganti posisi. Rooney dinilai lebih cocok untuk menjadi gelandang.

Kini, Rooney sudah menginjak usia 30. Seiring bertambahnya usia, Rooney dinilai kehilangan kecepatan dan daya jelajah yang menjadi kekuatannya dulu.

Oleh karena itu, Xavi menyarankan, "Rooney lebih berbahaya dengan peran lebih ke dalam. Mungkin sudah waktunya untuk memberikan kesempatan kepada striker baru Manchester United, yang mampu berlari selama 90 menit."

"Jika bisa beradaptasi, dia bisa bermain lima atau enam musim lagi. Rooney merupakan pemain cerdas dan mampu melakukan hal itu," kata Xavi.

Statistik mendukung hal tersebut. Dicatat Sky Sports, Rooney melakukan 56,6 kali sprint setiap 90 menit pada musim 2013-14. Catatan itu terus menurun menjadi 48,7 kali pada 2014-15 dan 46,9 kali pada 2015-16.

Penurunan Rooney juga terlihat dari daya jelayah. Pada 2013-14, Rooney menempuh jarak rata-rata 11,22 kilometer setiap pertandingan. Adapun catatan musim ini hanya mencapai 11,10 kilometer.


Editor : Anju Christian Silaban
Sumber : Sky Sports


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X