Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Antara Totti, Generasi Emas Roma, dan Scudetto 2000-01

By Indra Citra Sena - Kamis, 5 November 2015 | 17:45 WIB
Francesco Totti, berandil besar mempersembahkan titel scudetto 2000-01.
Gabriel Buoys/AFP
Francesco Totti, berandil besar mempersembahkan titel scudetto 2000-01.

Kebersamaan Totti dan Zeman harus berakhir pada musim panas 1999 setelah Roma mendatangkan pelatih baru bernama Fabio Capello. Kenyataannya hal ini tidak membuat ia mengalami penurunan performa.

Totti justru kian mengilap di bawah asuhan Capello. Dia sanggup mengaplikasikan ilmu ofensif ala Zeman ke dalam taktik sang pelatih baru yang mengutamakan keseimbangan antara bertahan dengan menyerang.

Hasilnya belum kelihatan di musim pertama Capello karena Roma hanya mampu menempati posisi keenam di tabel klasemen akhir Serie A 1999/00. Meski demikian, Totti tetap tampil impresif sepanjang musim sehingga ia berhak menerima penghargaan Migliore calciatore italiano atau Pemain Terbaik Serie A 2000.

Berselang semusim kemudian, barulah Totti bisa mengantarkan I Lupi alias Si Serigala menaiki podium juara. Bersama pemain andalan lain seperti Gabriel Batistuta, Walter Samuel, Cafu, dan Marco Delvecchio, ia mempersembahkan gelar scudetto ke-3 bagi Roma.

Pada saat itu, Totti bukan sekadar pemimpin tim, melainkan juga nyawa permainan Roma. Dia memberikan umpan matang kepada rekan, memompa semangat bertanding, serta sesekali mencetak gol krusial penentu kemenangan.

Momen paling berkesan buat Totti terjadi pada pada pekan pamungkas, 17 Juni 2001. Kemenangan 3-1 atas Parma, di mana ia turut menyumbangkan gol pembuka, berujung pesta juara sekaligus mengakhiri paceklik gelar selama sedekade sejak memenangi Coppa Italia 1990/91.

"Merengkuh scudetto 2000/01 adalah momen terbaik sepanjang karier saya. Sungguh membahagiakan bisa mewujudkan impian masa kecil serta menyaksikan seluruh fan Roma turun ke jalan untuk melakukan perayaan," tutur Totti pada waktu itu.

Mengembalikan Derajat Roma di Italia<<<

Hitung Mundur Menuju Keabadian>>>

 


Editor :
Sumber : Tabloid BOLA (Indra Citra Sena)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X